Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Selasa, 09 Januari 2018

Rute Alamat Lokasi Telaga Biru Gunungkidul Yang Mempesona

Rute Alamat Lokasi Telaga Biru - Indonesia memang mempunyai segudang tempat wiata yang indah dan niscaya tentunya kita harus merasa gembira dong, benar bukan? Nah kali ini akan membahas mengenai wisata Telaga Biru, Disini tidak hanya satu, beberapa telaga dengan warna berbeda juga terlihat saling berdekatan satu sama lain. Sekilas, ini mengingatkan pada Danau Kelimutu di Nusa Tenggara. Nah, bagi para pengunjung yang merasa bahwa Nusa Tenggara masih terlalu jauh untuk ditelusuri, Telaga Biru Semin atau dikenal dengan Blue Lagoon ini dapat menjadi alternatif wisata di Gunung Kidul.



Sama menyerupai Watu Giring, Telaga Biru Semin juga terbentuk dari bekas pertambangan yang ditinggalkan oleh para penambang. Bekas-bekas galian itu kemudian tergenang oleh air dan terjadilah semacam danau atau telaga, yang uniknya mempunyai warna berbeda-beda di tiap-tiap bekas galian. Namun dominan berwarna kehijauan sebab merupakan bekas galian kerikil kapur.
Telaga Biru
Telaga Biru
Telaga Biru obyek wisata Gunungkidul ialah tempat bekas tambang kerikil kapur yang membentuk danau di beberapa bagian. Saat animo hujan danau ini akan terisi air dan terlihat berwarna biru kehijauan yang indah.

Meskipun bukan lokasi wisata alam murni, tempat Telaga Biru Semin Gunungkidul menarik banyak orang untuk mengunjunginya. Tentu sebab keindahannya ketika didokumentasikan atau sekedar ber-selfie dengan latar belakang danau atau telaga dengan air berwarna biru kehijauan maupun bukit kerikil kapur di sekitarnya.

Lokasi Telaga Biru
Lokasi tekaga Biru wisata gres Gunung Kidul ini tepatnya berada di Dusun Ngemplak Desa Candirejo Kec Semin Kab Gunung Kidul. Telaga Biru yang warnanya hijau ini berada di daerah perbatasan antra Kabupaten Gunung Kidul dan Sukoharjo, tak heran banyak juga yang menyebut Telaga Biru Sukoharjo sebab memang di perbatasan.

Lokasi Telaga Biru ini memang cukup jauh dari Joga sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan ditempuh mellaui jalur Jogja-Klaten. Meski demikian, jalan masuk menuju Telaga Biru Semin ini cukup simpel dan simpel untuk ditemukan. Apalagi ketika ini sudah ada aplikasi GPS, bila masih kebingungan pribadi saja menuju alamat GPS Telaga Biru Semin di koordinat 7° 48′56.81″S110°45′50.08″E
Telaga Biru Gunungkidul
Rute Menuju Telaga Biru Gunung Kidul
Untuk menemukan Telaga Biru Semin ini cukup mudah. Pengunjung dapat melewati jalur utara – dengan catatan berangkat dari Jogja. Jalur utara ini akan melewati Jl Solo, kemudian ambil arah Cawas ketika hingga di Prambanan. Setelah hingga Cawas ambil arah Sukoharjo, kemudian pada tugu perbatasan antara Sukoharjo dan Gunung Kidul ambil jalan cor blok dan ikuti jalan tersebut. Tak usang kemudian pengunjung akan hingga di Telaga Biru Semin yang mempesona.

Fasilitas di Telaga Biru Semin
Sebagai obyek wisata air, Telaga Biru juga asyik sebagai tempat untuk melemparkan diri ke dalamnya, atau mungkin hanya membasahi kaki dan tangan. Pengelola tempat ini menyediakan balon atau pelampung bagi pengunjung yang ingin mencicipi sensasi mandi di telaga kerikil kapur ini dengan membayar sewa sebesar Rp 10.000. Sebagai tambahan, tempat ini akan sangat manis bila dinikmati pada pagi atau sore hari sebab menyajika panorama sunset serta sunrise.

Pemandangan di Telaga Biru juga cukup lengkap dengan view sawah, pegunungan hingga permadani hijau yang terbentang sejauh mata memandang. Hanya saja, pengunjung harus hati-hati sebab masih ada beberapa kendaraan besar yang masih sering mengangkut kerikil kapur dari lokasi pertambangan yang tidak jauh dari Telaga Biru Semin ini.

Masih merasa telah menelusuri semua obyek wisata di Gunung Kidul? Rasanya masih perlu untuk menelusuri dan mengecek kembali daftar-daftar wisata mana saja di Gunung Kidul yang telah ditelusuri. Jika tempat ini, Telaga Biru atau Blue Lagoon masih belum masuk daftar, berarti perlu diagendakan satu waktu untuk mengunjungi tempat ini dan rasakan sensasinya. Telaga alami di atas pegunungan, dengan pemandangan lengkap dari persawahan, pegunungan dan perbukitan hingga pemandangan hutan yang menghijau.
Telaga Biru Gunungkidul
Harga Tiket Masuk Telaga Biru
Untuk masuk atau harga tiket masuk telaga biru ini belum dikenai biaya. Hal ini sebab memang belum diresmikan sebagai tempat wisata. Namun, masyarakat setempat memberlakukan biaya parkir kendaraan wisatawan yang akan mengunjungi danau ini. Pada ketika goresan pena ini dimuat, berdasarkan isu yang diperoleh dari tim pengendolan.com, biaya parkir untuk roda dua atau sepeda motor ialah Rp 2.000,00 dan biaya parkir untuk kendaraan roda empat atau kendaraan beroda empat ialah Rp 5.000,00.

Baca ini :
35 Daerah Wisata Di Indonesia Yang Romantis Dikunjungi

Demikian mengenai Rute Alamat Lokasi Telaga Biru Gunungkidul Yang Mempesona nah biar ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, bila anda ingin bertanya ihwal artikel ini, anda dapat berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar