Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Senin, 25 Desember 2017

Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung Temanggung

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung tinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.153 Mdpl, hanya berbeda sedikit dengan Gunung Merbabu yang mempunyai ketinggian 3.142 Mdpl.

Gunung Sindoro sendiri terletak di dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung.

 Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung tinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian  Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung
pemandangan di gunung sindoro. foto : @purnomo_02 

Bersama Gunung Sumbing, Gunung Sindoro terkenal sebagai gunung kembar lantaran letaknya yang bersebelahan menyerupai Gunung Merbabu dan Merapi, Gunung Sindoro mempunyai beberapa jalur pendakian populer, diantaranya yakni :
Jalur Pendakian Sindoro via Tambi /Sigedang (Wonosobo)
Jalur Pendakian Sindoro via Kledung (Temanggung)
Jalur Sindoro via Sibajak (Temanggung)

Nah, dari beberapa jalur pendakian Gunung Sindoro diatas, jalur Sindoro via Kledung merupakan jalur paling terkenal dan favorit dikalangan pendaki, selain aksesnya yang lebih mudah, pemandangan yang ditawarkan jalur via Kledung ini juga terbilang indah.

baca juga : 
daftar gunung di Indonesia dengan jalur terberat






Bagaimana Cara Menuju ke Basecamp Sindoro via Kledung ?

Akses menuju Basecamp Sindoro via Kledung sanggup dibilang cukup mudah, kau sanggup mengikuti rute dibawah ini:

#Dari Arah Semarang dan Sekitarnya
Bagi kau yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya, untuk menuju ke Basecamp Kledung kau hanya perlu menuju kearah Wonosobo dengan mengikuti rute Semarang-Sumowono-Temanggung.

Atau kau sanggup mengikuti rute yang sama menyerupai dikala ingin menuju ke Basecamp Gunung Sumbing via Garung lantaran lokasi keduanya terletak berseberangan.

Perjalanan menuju Basecamp Sindoro via Kledung ini, kita juga akan melewati salah satu wisata terkenal di Temanggung, yaitu Wisata Alam Posong Temanggung, sempatkanlah untuk mampir kalau kau mempunyai waktu lebih.

#Dari Arah Jakarta
Nah,  sedangkan apabila kau dari Jakarta, kau sanggup berangkat memakai kereta menuju stasiun Purwokerto kemudian naik angkot ke terminal Bulupitu, dan meneruskan perjalanan dengan memakai bus jurusan Wonosobo, atau sanggup juga memakai bus jurusan Jakarta – Wonosobo dan turun di Terminal Mendolo Wonosobo dengan waktu tempuh sekitar 13 jam.

Sesampainya di Terminal Mendolo kita melanjutkan perjalanan dengan memakai bus lagi menuju ke Magelang kemudian turun di Dusun Kledung, Temanggung, sesampainya di Dusun Kledung kau sanggup berjalan kaki menuju Basecamp lantaran jaraknya yang tidak terlalu jauh.

 Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung tinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian  Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung
jalurnya sindoro via kledung. foto : @cynthiangrh



Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sindoro via Kledung

BASECAMP – Pos I (1,5 jam)
Pos I – Pos II Cawang (1 jam)
Pos II – Pos III Seroto (2 jam)
Pos III – Pos IV (1,5 jam)
Pos IV – Puncak (1,5 jam)
Total : 7 jam 30 menit (tergantung kecepatanmu dalam berjalan)


 Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung tinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian  Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung
jalur terjal dan curam. foto : @muhammadyasya



Info Mengenai Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung

Basecamp – Pos 1
Perjalanan menuju Pos 1 kita akan melewati perkebunan warga dengan jalur bebatuan yang ditata rapi, dengan waktu sekitar 1,5 jam kita sanggup hingga di Pos 1 dengan berjalan kaki.

Nah, uniknya terdapat alternatif lain untuk menghemat waktu semoga hingga di Pos 1 lebih cepat, yaitu dengan naik ojek.

Sama halnya dengan jalur Gunung Sumbing via Garung, di jalur Sindoro via Kledung ini kita juga sanggup menaiki ojek dari Basecamp menuju Pos 1 untuk menghemat waktu, lantaran kalau berjalan kaki kita membutuhkan wkatu sekitar 1,5 jam, apabila kita memakai ojek kita hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.


Pos 1 – Pos 2
Sesampainya di Pos 1 jalur yang harus kita lalui sudah bukan jalanan berbatu, melainkan jalan setapak berupa tanah, sepanjang perjalanan menuju Pos 2 kita akan melihat rimbunnya pepohonan, jalur menuju Pos 2 ini juga terbilang masih cukup ringan dengan hanya sedikit tanjakan saja.


Pos 2 – Pos 3
Nah, sesudah kau hingga di Pos 2, silahkan beristirahat terlebih dahulu, lantaran sesudah ini jalur yang akan kita lewati sudah mulai menanjak dengan didominasi tanah dan bebatuan.

Selain itu kita juga akan mulai keluar dari hutan yang menciptakan pemandangan sekitar Gunung Sindoro terlihat jelas, Pos 3 merupakan dataran yang cukup luas, biasanya pendaki lebih menentukan mendirikan tenda terakhir di Pos 3 sebelum summit.


Pos 3 – Pos 4
Setelah hingga di Pos 3 kita akan dipaksa untuk melewati jalur yang kian menanjak dan curam dengan kemiringan sekitar 40-60 derajat, jalur ini didominasi oleh bebatuan namun pemandangan sudah mulai terlihat indah dengan Gunung Sumbing yang terlihat bangun kokoh didepan mata dan formasi gunung lainnya mulai dari Gunung Telomoyo, Merbabu, Merapi hingga Gunung Lawu.


Pos 4 – Puncak
Perjalanan menuju Puncak kita akan ditemani oleh kebun bunga edelweis yang terlihat sangat indah dikala mekar, jalur dari Pos 4 menuju Puncak ini merupakan jalur terbuka, sehingga sangat rawan terkena angin ribut yang menimbulkan udara kian terasa dingin.

Puncak Gunung Sindoro ditandai dengan adanya kawah besar yang terlihat masih menyemburkan asapnya, puncak Gunung Sindoro tak hanya mengatakan sebuah kawah saja, melainkan juga terdapat sebuah dataran luas layaknya padang sabana, lokasi tersebut berjulukan Segara Wedi, dimana kalau isu terkini hujan akan terisi oleh air yang menjadikannya menyerupai danau.



 Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung tinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian  Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung
kawah di puncak gunung sindoro. foto : @fardilkhalidi



Tips Mendaki Gunung Sindoro via Kledung Temanggung :

  • Bawalah persediaan air yang lebih, lantaran di jalur via Kledung ini tidak terdapat sumber mata air kecuali di puncak, itupun air yang berasal dari hujan, jadi jangan hingga kau kehabisan persediaan air ya.

  • Lokasi terbaik untuk mendirikan tenda sebelum summit yakni di Pos 3, tapi apabila Pos 3 penuh kau juga sanggup naik sedikit sekitar 100 meter, disitu terdapat dataran yang cukup luas dan sanggup menampung beberapa tenda.

  • Biaya retribusi di Gunung Sindoro sama dengan biaya retribusi di Gunung Merbabu, yaitu Rp.15.000/orang

  • Dari Basecamp menuju Pos 1 lebih disarankan untuk memakai ojek, selain untuk menghemat tenaga kita juga sanggup menghemat waktu.

  • Biasanya di Pos 3 terdapat bapak-bapak penjaga yang juga menjual air, apabila kau kehabisan air sanggup membelinya, namun dengan harga yang sedikit lebih mahal.

  • Sebenarnya jalur via Kledung ini tidak direkomendasikan untuk pendaki pemula, namun lantaran terbilang sudah sangat terkenal dan ramai jadi cukup kondusif dan pamulapun juga tidak problem mendaki melalui jalur ini

baca juga :
daftar nomor kontak setiap Basecamp gunung-gunung di Indonesia
inilah 7 gunung tertinggi di Pulau Jawa yang harus kau tahu

INFORMASI GUNUNG SINDORO
Nama: Gunung Sindoro
Lokasi: Wonosobo, Temanggung Jawa Tengah
Ketinggian: 3.136 mdpl
Tipe: Gunung berapi stratovolcano
Letusan Terakhir: 1906
Kondisi: kawah, hutan, medan terjal bebatuan dan tanah licin, sabana, bukit, mempunyai mitos

Nah, itulah tips dan warta mengenai jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Temanggung, kau punya tips dan warta lainnya wacana jalur ini? Yuk share di kolom komentar.

4 komentar: