Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Rabu, 20 Desember 2017

Berencana Akan Berlibur Ke Wae Rebo ? Persiapkan Hal Hal Ini Dulu Ya

Wae Rebo, sebuah desa yang terletak di pegunungan Flores, NTT, desa Wae Rebo merupakan sebuah desa tradisional yang letaknya jauh dari desa desa tetangga, bahkan untuk hingga di lokasi desanya kita harus berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam lho.





 sebuah desa yang terletak di pegunungan Flores Berencana Akan Berlibur Ke Wae Rebo ? Persiapkan Hal Hal Ini Dulu Ya
desa wae rebo. foto : longlastingtrip.com

Walaupun jauh, tapi ternyata Desa Wae Rebo sudah menjadi tujuan wisata yang sangat terkenal dikalangan traveler baik lokal maupun mancanegara alasannya ialah kunikan tradisi dan budayanya.

Ditambah lagi pemandangan di desa Wae Rebo terbilang sangat indah, nah bagi kau yang berencana ingin menuju ke Wae Rebo, sebelumnya kau harus mempersiapkan hal hal dibawah ini terlebih dahulu ya, apa sajakah itu ?






Stamina Dan Fisik yang Kuat

Menuju desa Wae Rebo tidaklah mudah, butuh usaha ekstra, dari desa Denge, yaitu desa terdekat dengan Wae Rebo.

Dari desa Denge kita harus berjalan kaki dengan kurun waktu sekitar 4 jam, tergantung seberapa cepat kau berjalan, trek yang akan kita lalui ialah jalan tanah dengan tebing, hutan dan jurang yang akan senantiasa menemani kita.

Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam hutan yang sangat menyejukkan, untuk itu persiapkan terlebih dahulu fisikmu biar berpengaruh berjalan kaki selama 4 jam.

Bagi orang yang sudah terbiasa mendaki gunung sih mungkin tidak akan mengalami kendala, tapi bagi kau yang jarang atau belum pernah mendaki gunung, disarankan untuk pemanasan terlebih dahulu sebelum pergi ke Wae Rebo.




Alas Kaki dan Ransel yang Nyaman




 sebuah desa yang terletak di pegunungan Flores Berencana Akan Berlibur Ke Wae Rebo ? Persiapkan Hal Hal Ini Dulu Ya 
pilih sepatu yang nyaman di kaki

Walaupun trek yang akan kita lalui terbilang mudah, namun cukup menguras tenaga lho, untuk itu kau harus memakai ganjal kaki menyerupai sepatu atau sendal yang nyaman untuk aktivitas outdoor.

Contohnya saja sepatu trekking yang mempunyai ganjal empuk, jangan menyiksa diri dengan memakai sepatu/sandal yang seharusnya dipakai ke mall.

Selain itu, walaupun dalam perjalanan kita menyewa porter, tetap saja kita harus membawa sebuah ransel atau tas kecil untuk menyimpan barang barang pribadi kita, jadi pilihlah tas yang nyaman dan tidak cepat menciptakan bahu kau pegal.






Bawa Uang Tunai Secukupnya

Nah, yang satu ini cukup penting, alasannya ialah kita akan menuju ke sebuah desa di atas gunung, jadi persiapkan uang tunai kau secukupnya, daerah terakhir yang terdapat ATM ialah di Labuan Bajo, ambilah uang tunai secukupnya jangan hingga kurang untuk membayar porter, penginapan dan tentunya souvenir khas Wae Rebo.





Powerbank, Batrei Cadangan dan Kamera

 sebuah desa yang terletak di pegunungan Flores Berencana Akan Berlibur Ke Wae Rebo ? Persiapkan Hal Hal Ini Dulu Ya 
persiapkan kamera terbaikmu.

Di zaman modern menyerupai ini tentu kamera dan smarphone sangat penting dalam hal melaksanakan traveling, namun tujuan kita kali ini ialah Wae Rebo, dimana listrik di desa ini hanya menyala pada jam 6 sore hingga jam 10 malam.

Kaprikornus jangan lupa untuk membawa powerbank/batrei cadangan untuk smartphone kamu, atau jikalau kau punya kamera poket/DSLR akan sangat lebih baik, alasannya ialah disini tidak ada sinyal.

Kaprikornus smartphone tidak terlalu dibutuhkan,kecuali kau mempunyai smartphone yang tahan lama, yang niscaya jangan hingga kau gagal mengabadikan momen kebersamaan dengan masyarakat Wae Rebo ya.








Jaket Atau Baju Hangat

 sebuah desa yang terletak di pegunungan Flores Berencana Akan Berlibur Ke Wae Rebo ? Persiapkan Hal Hal Ini Dulu Ya 
jangan lupa membawa jaket biar gak kedinginan. foto : wiranurmansyah.com

Percayalah, tujuan kita kali ini ialah Wae Rebo yang secara geografis terletak di dataran tinggi, udara ketika malam disini cukup dingin, walaupun kita tidur di dalam rumah Mbaru Niang dan berselimut tebal namun terkadang kita juga tetap membutuhkan lapisan jaket hangat, apalagi bagi kau yang tidak tahan dengan udara dingin.






Buku Bacaan

Masalah utama di Wae Rebo ialah pendidikan, anak anak di desa Wae Rebo masih kurang pendidikan, nah, kau sanggup membawakan buku bacaan yang bermanfaat bagi belum dewasa kecil disana.

Kamu sanggup memberikannya kepada kepala desa disana alasannya ialah di Wae Rebo ada himbauan untuk tidak menunjukkan sesuatu menyerupai permen, uang ataupun buku secara pribadi kepada belum dewasa untuk menghindari mental meminta minta.


Nah, kini kau sudah tahu apa saja yang harus dibawa ketika akan berlibur ke Wae Rebo, tidak banyak bukan, jadi kapan kau akan berlibur ke Wae Rebo ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar