Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Jumat, 22 Desember 2017

Info Lengkap Penderasan Jumog, Nirwana Yang Hilang Di Kabupaten Karanganyar

Karanganyar merupakan sebuah Kabupaten di ujung timur provinsi Jawa Tengah yang berbatasan eksklusif dengan provinsi Jawa Timur.

Walaupun terletak di paling ujung, Karanganyar ternyata mempunyai banyak sekali jenis wisata yang sangat keren lho.

 Karanganyar merupakan sebuah Kabupaten di ujung timur provinsi Jawa Tengah yang berbatasa Info Lengkap Air Terjun Jumog, Surga yang Hilang di Kabupaten Karanganyar
pemandangan jeram jumog. foto : @ariwyo

Salah satu jenis wisata alam terkenal di Karanganyar yang wajib kau kunjungi ialah air terjun, nah, di Karanganyar ini terdapat beberapa air terjun keren yang sanggup kau kunjungi, salah satunya ialah Air Terjun Jumog ini.




Apa yang Menarik di Air Terjun Jumog ?

Air terjun Jumog merupakan tempat wisata alam terkenal kedua di Karanganyar sesudah Grojogan Sewu.

Air Terjun Jumog sendiri mempunyai ketinggian sekitar 30 meter, walaupun terbilang tidak terlalu tinggi tapi pemandangan alam yang ditawarkan Air Terjun Jumog sangat indah lho, bahkan alasannya ialah keindahannya ini, Air Terjun Jumog kerap dijuluki "Hidden Paradise" di Karanganyar.

 Karanganyar merupakan sebuah Kabupaten di ujung timur provinsi Jawa Tengah yang berbatasa Info Lengkap Air Terjun Jumog, Surga yang Hilang di Kabupaten Karanganyar
air terjun jumog dari dekat. foto : @ambarajja_is

Jika dibandingkan dengan Grojogan Sewu, sanggup dibilang Air Terjun Jumog terasa lebih alami walaupun secara kemudahan masih kalah dengan Grojogan Sewu.

Tapi walaupun masih kalah, nyatanya kemudahan di tempat wisata Karanganyar satu ini cukup memadai dan memenuhi standar kok.


Sama halnya dengan Grojogan Sewu, sempurna di depan lokasi jeram terdapat sebuah jembatan yang kerap menjadi spot foto favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke wisata Air Terjun Jumog ini.

Suasana di daerah Air Terjun Jumog juga masih terasa sangat asri dengan banyaknya pepohonan hijau dan sejuknya udara alasannya ialah memang lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu, yang akan membuatmu betah berlama-lama disini.

Tapi, untuk sanggup menikmati keindahan Air Terjun Jumog, sebelumnya kau harus melewati ratusan anak tangga terlebih dahulu sebelum hingga di lokasi air terjun.

Tenang, selama perjalanan kita akan disuguhi dengan indahnya alam daerah wisata Air Terjun Jumog ini kok, bahkan terkadang kita sanggup mendengar bunyi kicauan burung juga lho.

Air Terjun Jumog bukanlah jeram musiman, hal ini dibuktikan dengan tetap derasnya debit air di Air Terjun Jumog walaupun ketika demam isu kemarau, jadi kau sanggup tiba kesini kapanpun.

baca juga :
cukup dengan uang Rp.50.000 saja kau sudah sanggup mengunjungi beberapa wisata terkenal di Karanganyar ini

 Karanganyar merupakan sebuah Kabupaten di ujung timur provinsi Jawa Tengah yang berbatasa Info Lengkap Air Terjun Jumog, Surga yang Hilang di Kabupaten Karanganyar
pemandangan jeram jumog dair jauh. foto : @asrindara

Makara bagaimana, apa kau tertarik untuk berkunjung ke Air Terju Jumog Karanganyar ini?






Fasilitas :
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Gazebo
  • Tempat Bermain Anak
  • Dan masih banyak lagi.



Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog :
Rp. 10.000/orang


Jam Buka :
08:00 - 17:00 WIB

Kontak :
0852 2979 0862 / 0271 5818082


Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat beberapa penginapan tak jauh dari lokasi wisata Air Terjun Jumog ini, tinggal pilih saja sesuai seleramu.




Lokasi :

  • Alamat ; Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • 38 km dari sentra kota Surakarta melalui Jl. Lawu (1 jam 10 menit)
  • 42 km dari Kabupaten Magetan melalui Jl. Raya Sarangan (1 jam 21 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh bila tidak ada kendala)





Rute Menuju Air Terjun Jumog Karanganyar

#Dari Arah Semarang, Solo dan Sekitarnya
Kendaraan Pribadi
Bagi kau yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya, kau sanggup menentukan jalur menuju Solo – Tawangmangu – dari Tawangmangu kau sanggup menuju ke arah Nglorog atau Magetan, Jawa Timur, (sudah terdapat banyak papan penunjuk jalan).

Ketika hingga di jalan yang menanjak dan berkelok kelok, pelankan kendaraanmu dan fokus ke sebelah kiri, gerbang bertuliskan Kawasan Wisata Sukuh berada di kiri jalan sebelum Cemoro Kandang, jadi jangan hingga terlewat ya


Transportasi Umum
Atau bila kau memakai transportasi umum bisa naik bus umum dari Solo menuju Terminal Karangpandan (Jurusan Tawangmangu). Dilanjutkan dengan naik bus kecil dengan jurusan Nglorog (Candi Sukuh) atau Terminal Kemuning (Candi Cetho), sesudah itu kau sanggup naik ojek untuk mengantarkanmu ke lokasi wisata Air Terjun Jumog.

#Dari Arah Magetan
Sedangkan apabila kau dari arah Magetan, kau tinggal menuju kearah Solo saja dengan melalui Jl. Lawu. Tetap ikuti jalan hingga kau menemukan pertigaan dimana terdapat Warung Makan Srandon "PODO MORO" dan Mie Ayam Madurasa di sebelah jalan.

Dari pertigaan tersebut, silahkan ambil kanan, selang beberapa ketika kau akan menemukan pertigaan lagi, silahkan ambil kiri melalui Jl. Srandon dan ikuti saja jalan tersebut hingga kau hingga di lokasi Air Terjun Jumog




Tips Saat Berlibur Ke Air Terjun Jumog :

  • datanglah ketika pagi hari biar kau sanggup puas berlama usang disini.
  • waktu yang paling sempurna ialah ketika hari biasa, alasannya ialah biasanya ketika hari libur dan weekend, Air Terjun Jumog akan ramai oleh pengunjung.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • untuk hingga di lokasi aksesnya cukup mudah, sanggup dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun 
  • transportasi umum
  • gunakan bantalan kaki yang nyaman untuk acara outdoor.







Wisata Terdekat dari Air Terjun Jumog (- 1 Jam):

Candi Sukuh (6 menit)
Candi Sukuh merupakan salah satu Candi unik di Karanganyar, alasannya ialah bentuk Candi Sukuh ibarat bangunan Suku Maya di Meksiko

Candi Cheto (26 menit)
Candi Cheto ialah wisata Candi paling terkenal di Karanganyar, alasannya ialah selain fasilitasnya yang cukup lengkap, di komplek Candi Cheto kita juga sanggup menemukan patung-patung unik.

Gerojogan Sewu (23 menit)
Grojogan Sewu ialah jeram paling terkenal di Kabupaten Karanganyar alasannya ialah memang wisata ini didukung dengan banyak sekali kemudahan yang memanjakan wisatawan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar