Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Minggu, 21 Januari 2018

Info Dan Tips Lengkap Gunung Puntang, Bumi Perkemahan Favorit Di Bandung


Hayo, wisata apa saja yang sudah pernah kau kunjungi di Bandung ? trans studio, daerah wisata di lembang, atau farm house yang populer dengan rumah hobbit menyerupai di luar negeri itu ? 

Kita tahu Bandung sendiri mempunyai aneka macam tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Tapi apa kau tahu kalau di Bandung ternyata terdapat sebuah gunung yang menarik untuk dimasukkan kedalam salah satu daftar destinasi wisata keren ? 

 wisata apa saja yang sudah pernah kau kunjungi di Bandung  Info dan Tips Lengkap Gunung Puntang, Bumi Perkemahan Favorit di Bandung
gunung puntang. foto : @yougazha

Namanya ialah Gunung Puntang, daerah wisata Gunung Puntang sudah usang populer sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bandung, terutama  bagi para pecinta alam.


Apa yang Menarik di Gunung Puntang ?

Gunung Puntang juga dikenal dengan nama Bumi Perkemahan Gunung Puntang, objek wisata alam Bandung satu ini juga menjadi tempat perkemahan.

Jadi tak heran kalau ketika kita berkunjung ke Gunung Puntang terdapat banyak pelajar atau mahasiswa yang sedang mengadakan program kemah.

 wisata apa saja yang sudah pernah kau kunjungi di Bandung  Info dan Tips Lengkap Gunung Puntang, Bumi Perkemahan Favorit di Bandung

wisatawan mulai mendaki. foto : @bdgonphoto

Gunung Puntang sendiri mempunyai ketinggian 2223 mdpl, sedangkan daerah bumi perkemahan berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl, yang mengakibatkan udara dikawasan Bumi Perkemahan sangat sejuk dan segar.

Tak hanya itu saja, pemandangan alam di Gunung Puntang juga sangat indah dan asri lho, sangat cocok untuk melaksanakan kegiatan yang berbau alam.

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di Gunung Puntang, menyerupai berkemah, trekking hingga downhill. Ya, banyak juga lho wisatawan yang bersepeda di daerah Gunung Puntang ini, sangat pas bagi kau pecinta kegiatan yang memacu adrenalin, sesekali boleh lah kau mencoba trek di Gunung Puntang ini.

Selain itu terdapat juga jeram siliwangi yang menambah daya tarik dari Bumi Perkemahan Gunung Puntang, ditambah lagi sempurna didepan bekas reruntuhan stasiun radio belanda terdapat sebuah bak besar berjulukan bak cinta, alasannya bak tersebut mempunyai bentuk "LOVE", namun sayang, bak ini sudah tidak dirawat lagi.

Tapi tenang, bagi kau yang sedikit kecewa, mari kita beralih ke spot keren lainnya. Di daerah Gunung Puntang juga terdapat Goa Belanda yang mempunyai panjang sekitar 20 meter, namun sayangnya goa tersebut sekarang ditutup jawaban banyaknya wisatawan yang tersesat didalam goa.

Selain berkeliling dikawasan Bumi Perkemahan, kita juga bisa mendaki ke Puncak Mega Gunung Puntang lho, pendakian menuju Puncak Mega memakan waktu sekitar 4 jam dari daerah perkemahan dengan jalur menanjak hingga puncak, ditambah lagi tidak adanya sumber air di jalur pendakian, jadi bawalah perbekalan yang mencukupi.

 wisata apa saja yang sudah pernah kau kunjungi di Bandung  Info dan Tips Lengkap Gunung Puntang, Bumi Perkemahan Favorit di Bandung
puncak mega. foto : @librart_



Sejarah Gunung Puntang

Menengok sedikit perihal sejarah Gunung Puntang, alasannya lokasinya yang sangat strategis, dahulu tempat ini dijadikan sebagai tempat siaran radio yang sinyalnya bisa terdengar hingga negara Belanda.

Pada tahun 1923 daerah ini dijadikan jalur komunikasi, kemudian dibangunlah sebuah stasiun radio yang berdasarkan dongeng merupakan stasiun radio terbesar di dunia pada zamannya dulu.

Tapi kini, reruntuhan dari stasiun radio tersebut hampir tidak bisa kita temukan, yang tersisa hanyalah dataran luas bekas pemukiman dan tembok tembok bekas bangunan yang hampir tidak terlihat alasannya tertutupi oleh rerumputan.

 wisata apa saja yang sudah pernah kau kunjungi di Bandung  Info dan Tips Lengkap Gunung Puntang, Bumi Perkemahan Favorit di Bandung

trekking di sungai juga tak kalah seru kok. foto : @andi_juhari




Fasilitas :
  • WC
  • Tempat parkir
  • Fasilitas penunjang kegiatan outdoor
  • Penginapan
  • Masjid/Mushola
  • Dan masih banyak lainnya


Harga Tiket Masuk Gunung Puntang :
Rp. 5.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Selain berkemah, Gunung Puntang juga menyediakan villa-villa yang bisa kita sewa, villa tersebut berkonsep pondok penginapan dengan harga kisaran Rp.150.000-Rp.200.000/malam

Atau Kamu juga bisa menyewa hotel terdekat dari Gunung Puntang. Salah satu rekomendasi hotel terdekat adalah D'Riam Riverside Resort Ciwidey.




Rute Menuju Gunung Puntang Bandung

Bagi kau yang ingin berlibur ke Gunung Puntang, saluran menuju tempat tujuan tidaklah sulit, lokasinya yang cukup strategis mengakibatkan kita gampang menjangkaunya, pun bagi kau yang berasal dari luar daerah.

Dari sentra Kota Bandung silahkan menuju arah Banjaran, sehabis hingga di Banjaran, perjalanan dilanjutkan menuju arah Pangalengan.

Sekitar 5 km dari Pangalengan terdapat plang petunjuk jalan menuju objek wisata Gunung Puntang, silahkan belok kiri (mengikuti plang) dari jalan Banjaran-Pangalengan di km +/- 5 km menuju arah Gunung Puntang, nah, sehabis itu kau bisa mengikuti petunjuk hingga hingga di lokasi.

#Transportasi Umum
Atau bagi kau yang ingin memakai trasnportasi umum bisa naik angkot dengan tujuan final Soreang atau Dayeuh Kolot. Setelah itu perjalanan dilanjutkan lagi dengan naik angkutan lokal yang menuju ke arah Cimaung dan turun di Bumi Perkemahana Gunung Puntang.





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Puntang, Kecamatan Cimaung, Banjaran, Bandung, Jawa Barat.
  • 29 km dari sentra kota Bandung melalui Jl. Raya Banjaran (1 jam 16 menit)
  • 18 km dari Soreang melalui Jl. Mekar Jaya-Sindang Pangon (36 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh kalau tidak ada kendala)




Tips Saat Berlibur Ke Gunung Puntang :

  • datanglah ketika pagi hari, kau bisa mencicipi segarnya udara khas pegunungan.
  • jika kau penyuka acara memacu adrenalin, maka kau harus mencoba menjajal kemampuan bersepedamu di trek gunung puntang.
  • sangat cocok untuk kegiatan berkemah.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • apabila kau ingin suasana yang lebih nyaman dan tenang, kau bisa berkunjung di hari biasa (senin-jumat) alasannya ketika weekend biasanya ramai oleh pengunjung.





Wisata Terdekat Dari Bumi Perkemahan Gunung Puntang :

Kawah putih Ciwidey (1 jam 40 menit)
Situ Patengan (1 jam 40 menit)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar