Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Minggu, 21 Januari 2018

Keindahan Pantai Siung Yogyakarta Yang Memikat

Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat - Selain sebagai kota yang kaya dengan wisata budayanya, kota Yogyakarta juga mempunyai banyak pantai indah yang tersembunyi, jadi sayang kalau Anda melewatkan liburan Anda tanpa menikmati indahnya panorama Pantai Parangtritis yang sangat dikenal di kota Yogyakarta ini. Terdapat beberapa pantai menarik yang ada di daerah Gunung Kidul, salah satu diantaranya yaitu Pantai Siung.

Pantai Siung lokasinya berada di Ds. Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, D.I.Y. yang lebih kurang berjarak sekitar 77 km dari kota Yogyakarta.

Akses Menuju Pantai Siung
Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat
Pantai Siung Yogyakarta
Untuk bisa menuju lokasi Pantai Siung, alangkah baiknya Anda gunakan kendaraan langsung atau dengan menyewa mobil, alasannya yaitu tidak ada transportasi umum yang menuju ke lokasi Pantai Siung ini. Jalan menuju ke lokasi Pantai Siung ini sudah beraspal dan cukup baik, namun masih banyak tikungan dan tanjakan. Terdapat perbukitan kapur dan juga ladang palawija yang memenuhi sepanjang jalan menuju pantai, maka dari itu Anda harus memakai kendaraan yang kondisinya benar-benar baik.

Menuju ke Pantai Siung Anda bisa mengambil rute dari Yogyakarta, kemudian mengambil jalur Wonosari, dilanjutkan menuju arah Tepus, kemudian Purwodadi dan Anda akan hingga di lokasi Pantai Siung. Waktu tempuh dari Yogyakarta untuk bisa mencapai lokasi pantai ini lebih kurang sekitar 2 jam.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Populer

Tiket Masuk dan Fasilitas
Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat
Pantai Siung Yogyakarta yang Indah
Untuk bisa masuk ke tempat Pantai Siung, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 3 ribu dan biaya parkir untuk kendaraan bermotor sekitar Rp 2 ribu. Perlu diketahui, harga ini mungkin bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola tempat wisata tersebut.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini terbilang standar, menyerupai tempat parkir, toilet dan warung-warung yang menjual masakan dan minuman. Disini belum terdapat akomodasi penginapan. Jadi, bagi Anda yang ingin menginap, sebaiknya membawa sendiri tenda dan berkemah di camping ground yang tempatnya ada di balik tebing.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Terkenal di Gunung Kidul Jogjakarta

Keistimewaan dari Pantai Siung
Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat
Pesona Pantai Siung Yogyakarta
Salah satu pemandangan di Pantai Siung yang menonjol yaitu pemandangan batu-batu karang raksasa yang terbentang di timur dan barat pantai. Batu karang ini ternyata keberadaannya mempunyai peranan penting sebagai asal mula penamaan pantai ini.

Bebatuan karang berukuran raksasa ini terletak agak menjorok ke laut, bila dilihat dari kejauhan bentuknya menyerupai mirip gigi monyet atau Siung Wanara. Hal ini pernah diutarakan oleh seorang sesepuh berjulukan Wastoyo yang mendiami lokasi ini. Sehingga pantai ini kemudian disebut sebagai Pantai Siung.

Pada tahun 1989, kerikil karang berukuran raksasa ini juga berperan penting bagi para pendaki lantaran di tahun tersebut, pernah terdapat komunitas pecinta alam yang berasal dari Jepang dengan memanfaatkan karang-karang berukuran raksasa ini sebagai lokasi panjat tebing. Sekarang ini, pemerintah Yogyakarta berusaha untuk menyebarkan potensi wisata di Pantai Siung.

Di tahun 2005, pemerintah Yogyakarta meresmikan tempat Pantai Siung ini sebagai lokasi khusus untuk panjat tebing. Masih di tahun yang sama, pantai Siung juga menjadi lokasi Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh 250 partisipan dari 65 negara Eropa dan Asia.

Hingga hingga dikala ini Pantai Siung telah mempunyai 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pantai ini bahkan menerima sebutan sebagai The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta. Hal ini tidak menutup kemungkinan kalau ke depannya nanti jumlah jalur pemanjatan ini akan semakin terus bertambah.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Siung
Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat
Keindahan Pantai Siung Yogyakarta
Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Siung ini. Memiliki tebing karang yang kokoh sangat sempurna untuk menyalurkan hobi mendaki Anda. Dari bebatuan karang ini Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan maritim lepas.

Bagi Anda yang ingin mendaki bersama teman dan tetapkan untuk menginap. Di sebelah timur pantai tersedia camping ground yang bisa Anda gunakan untuk mendirikan tenda. Sehingga Anda bisa berkemah sambil menikmati suasana Pantai Siung di malam hari dan akan lebih mengasikkan lagi kalau sambil menyantap jagung bakar. Apabila cuaca sedang cerah Anda sanggup tidur dengan beratapkan gemerlapnya bintang di langit.

Pengunjung bebas memakai Camping ground namun pihak pengelola tetap menawarkan peraturan yang harus ditaati. Beberapa peraturan tersebut yaitu tidak membuang sampah di sembarang tempat, tidak mecemari lingkungan, dan yang paling penting yaitu menjaga serta tidak merusak habitat penyu. Untuk itu alangkah baiknya kalau Anda membawa kantong plastik untuk membuang sampah dari rumah dikala berkemah. Dengan begitu Anda ikut berpartisipasi menjaga kebersihan tempat pantai Siung ini.

Baca juga: Pantai Parangtritis, Wisata Pantai di Jogja Paling Terkenal

Selain camping ground, terdapat juga rumah panggung letaknya tak jauh dari area camping ground. Rumah panggung tersebut biasanya dipakai sebagai base camp yang bisa menampung 10 - 15 orang. Dari sini Anda sanggup menikmati eksotisme karang serta deburan ombak dengan jarak pandang lebih luas.

Apabila Anda ingin sensasi camping yang berada di atas karang, terdapat tebing karst yang kokoh berada di sisi barat pantai. Tepat berada diantara tebing tersebut terdapat tanah lapang yang cukup luas, tentunya bisa Anda gunakan sebagai lokasi mendirikan tenda. Nah, dari lokasi tinggi ini Anda sanggup menikmati indahnya panorama Pantai Siung.

Jika Anda tidak begitu menyukai aktivitas ekstrim, Anda bisa menikmati indahnya pantai ini dengan cara menggelar tikar di atas hamparan pasrnya yang putih. Bercanda tawa bersama keluarga dan teman sambil menyantap bekal masakan dari rumah diiringi backsound deburan ombak. Saat pengunjung mulai sedikit, Anda sanggup melihat gerombolan monyet yang berekor panjang turun dari tebing menuju pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar