Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Senin, 22 Januari 2018

Wisata Jember - Pantai Papuma Yang Memikat

Wisata Jember - Pantai Papuma yang Memikat | Jember yaitu sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur. Jika dibandingkan dengan kota Malang dan Surabaya, mungkin Jember terdengar kurang begitu terkenal. Akan tetapi jangan salah, kota kecil ini mempunyai banyak pantai eksotis yang patut untuk Anda kunjungi.

Ya, Pantai Papuma yang merupakan salah satu pantai populer di Jember. Pantai Papuma ini juga disebut sebagai Pantai Putih Malikan. Hingga kini ini Pantai Papuma seringkali dijadikan sebagai tujuan wisata favorit wisatawan untuk liburan.
 Jember yaitu sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur Wisata Jember - Pantai Papuma yang Memikat
Pantai Papuma yang Memikat
Lokasi Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Berjarak sekitar 45 km dari sentra kota Jember.



Akses Menuju Pantai Papuma
Untuk sanggup mengakses pantai ini, sebaiknya Anda datang dahulu di kota Surabaya. Untuk Anda yang berada di luar Jawa Timur sanggup memanfaatkan jasa maskapai penerbangan atau sanggup juga memakai kereta api. Jika Anda ingin pergi beramai-ramai dengan sobat atau keluarga, disarankan untuk menyewa kendaraan beroda empat dari Surabaya sebab Pantai Papuma tidak sanggup diakses dengan memakai transportasi umum. Mobil yang Anda sewa pun juga harus mempunyai performa yang prima sebab medan untuk menuju pantai ini cukuplah curam, tidak disarankan memakai kendaraan beroda empat sedan.

Dari Surabaya, ambil rute perjalanan ke arah kota Sidoarjo, Lalu ikuti petunjuk jalan menuju ke arah kota Pasuruan. Dari Pasuruan, pilih rute ke kota Probolinggo – Lumajang – Jember.



Setibanya di kota Jember, ambil rute jalan ke arah utara yaitu Jl. Kartini – Jl. Gatot Subroto – Jl. Jendral Ahmad Yani – Jl. Nasional III – belok kiri ke Jl Otto Iskandar Dinata – Jl. Semeru – Jl. Argopuro – Jl. Kawi – Jl. Jember Ambulu – Jl. Kopral Suetomo – Jl. Raya Suyitman – Jl Ambulu – Watulo. Setelah itu, ikuti petunjuk yang ada sehingga Anda sanggup hingga di wisata Pantai Papuma.
 Jember yaitu sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur Wisata Jember - Pantai Papuma yang Memikat
Ombak di Pantai Papuma
Perjalanan dari kota Jember ke lokasi Pantai Papuma sanggup membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga ada baiknya Anda menginap semalam di sana. Terdapat beberapa penginapan dan cottage yang telah disediakan oleh pihak pengelola dengan harga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 150 ribu - Rp 450 ribu.

Terdapat juga hotel dengan kemudahan kamar yang cukup lengkap mirip kamar dengan kamar mandi dalam, dan Televisi. Harga yang dipatok antara Rp 70.000 hingga Rp 100.000 per orang. Apabila Anda ingin mendapat kemudahan kamar ber AC, biaya yang dikenakan yaitu Rp 120.000 ke atas.

Fasilitas lainnya yang telah disediakan oleh pihak pengelola diantaranya mirip musholla, kamar mandi, dan juga warung-warung makan yang menyediakan beraneka ragam hidangan seafood untuk Anda.



Harga Tiket Masuk Pantai Papuma
Untuk harga tiket masuk ke daerah Pantai Papuma sangat murah dan sanggup terjangkau oleh semua kalangan. Harga tiket masuk Pantai Papuma ini ditetapkan sesuai dengan Surat Keputusan Administratur Perum Perhutani KPH Jember yaitu Rp 5.000 (hari biasa) dan Rp 7.000 (hari libur).
 Jember yaitu sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur Wisata Jember - Pantai Papuma yang Memikat
Pemandangan Cantik Perahu Berjajar di Pantai Papuma
Sedangkan untuk kendaraan yang masuk ke area pantai akan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 4.000 untuk roda empat dan Rp 6.000 untuk kendaraan dengan jumlah roda lebih dari empat.

Mitos yang ada di Pantai Papuma
Dibalik keindahannya, ternyata Pantai Papuma menyimpan dongeng mistis yang hingga dikala ini masih diyakini oleh masyarakat luas. Ada beberapa dongeng mistis yang beredar dikalangan masyarakat tersebut adalah:
 Jember yaitu sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur Wisata Jember - Pantai Papuma yang Memikat
Pemandangan Karang di Pantai Papuma
Ombak di pantai selatan sering memakan korban. Sebagai pantai yang termasuk dalam wilayah pantai selatan, Pantai Papuma mempunyai gulungan ombak yang besar dan ganas sehingga banyak wisatawan yang hanyut oleh ombak.

Batu Malikan, salah satu kerikil raksasa yang ada di pantai ini dipercaya dahulunya merupakan tempat Raden Mursada memancing. Di atas kerikil itulah Raden Mursada tidak sengaja memancing ikan asing Raja Mina yang lalu dilepaskannya. Di kerikil ini pulalah kail Joko Samudera tersangkut oleh ular raksasa yang lalu dibelah menjadi tiga bagian.



Keindahan Pantai Papuma
Sebelum memasuki kawasan Pantai Papuma, Anda akan diberikan suguhan pemandangan hutan jati yang merupakan jalan masuk menuju pantai Papuma ini. hutan tersebut berjulukan Hutan Maliki yang masih mempunyai kekayaan tanaman dan fauna khas Indonesia. Anda tidak perlu takut dengan jalan di hutan ini, sebab pihak pengelola sudah menyedikan jalan khusus bagi wisatawan yang ingin menuju Pantai Papuma.
 Jember yaitu sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur Wisata Jember - Pantai Papuma yang Memikat
Pemandangan Pasir dan Bebatuan di Pantai Papuma
Pantai Papuma juga dikenal sebagai Pantai Tanjung oleh kalangan masyarakat luas. Hal ini sebab posisi daratan Pantai Papuma yang menjorok ke bahari ibarat tanjung. Pemandangan di Pantai Papuma sangat indah, pasir putih yang dipadukan dengan kerikil karang menyebar di tepi pantai.

Ada pula ciri khas dari Keindahan Pantai Papuma ini yaitu tujuh karang besar yang menjulang di pantai. Ukuran karang yang besar menciptakan karang-karang ini mirip ibarat sebuah pulau. Ketujuh karang ini juga mempunyai nama masing-masing yakni Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang, Pulau Narada, Pulau Kresna dan Pulau Batara Guru. Ada satu lagi karang yang berbentuk ibarat kodok, yang lalu dinamakan Pulau Kodok.

Ketika ombak mulai surut Anda sanggup mencicipi sensasi bangun di atas kerikil karang dan mencicipi hembusan angin pantai. Tapi perlu diingat, Anda harus berhati-hati sebab kerikil karang mempunyai bentuk yang berangasan dan terjal, sehingga Anda sanggup terluka jika tidak hati-hati. Tak hanya itu, Anda juga sanggup melihat kelincahan ikan yang berkejaran di bawah karang di dikala air bahari sedang surut.

Tempat wisata ini merupakan lokasi yang cocok dikunjungi oleh para pecinta fotografer. Anda sanggup mengabadikan foto landscape karang-karang yang menjulang kokoh. Bisa juga dipakai sebagai lokasi foto prewedding sebab di tempat ini banyak spot-spot yang menarik.

Air bahari di pantai Papuma ini cukup tenang, sehingga banyak nelayan yang berlabuh dan turun dari kapal sekitar jam 11.00 hingga jam 13.00 WIB. Selain berlabuh untuk beristirahat, biasanya para nelayan ini juga membawa ikan hasil tangkapannya yang sanggup Anda beli dan dibakar eksklusif di tepian pantai bersama teman-teman. Namun jika Anda tak ingin repot-repot memasak, sanggup membawa ikan-ikan tersebut ke warung-warung yang ada untuk dimasak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar