Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Rabu, 24 Januari 2018

Pesona Kota Wisata Watu Malang Jawa Timur

Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur - Kawasan Kota Wisata Batu di Malang ini terkenal sebagai salah satu destinasi wisata Jawa Timur yang banyak disukai kalangan penikmat perjalanan. Terdapat banyak acara dan obyek wisata menarik di Batu Malang. Di sana Anda sanggup menjumpai suguhan wisata alam yang menarik diantaranya wisata sejarah,wisata kuliner, aneka agrowisata dan lain-lainnya.

Tahukah Anda bahwa Batu dan Malang yaitu laksana dua sisi mata uang di dalam lanskap kepariwisataan Jawa Timur. Biasanya para wisatawan yang tiba berkunjung ke Batu atau Malang selalu singgah di kedua daerah tersebut. Wilayah Malang terbagi menjadi 2 wilayah administratif pemerintahan, yakni Kotamadya Malang dan Kabupaten Malang. Sedangkan kota Batu merupakan sebuah kotamadya yang berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Malang. Kini, Batu telah dinamakan secara resmi dengan sebutan Kota Wisata Batu.
Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur
Alun-Alun Kota Wisata Batu
Dahulunya, daerah Batu merupakan tempat peristirahatan untuk keluarga raja. Batu mempunyai udara yang sangat sejuk serta mempunyai panorama alam yang menawan. Hal ini lantaran daerah Batu dikelilingi oleh enam buah gunung. Di Batu, ada banyak sumber mata air alami yang mengalir dari pegunungan. Daerah Batu telah bertransformasi menjadi salah satu tujuan wisata orang-orang Belanda di awal era ke-19. Pada masa itu, daerah ini terkenal dengan sebutan “De Klein Switzerland” atau Swiss kecil di Pulau Jawa.

Asal mula nama Batu sendiri berdasarkan dongeng lokal yang berasal dari seorang nama ulama pengikut Pangeran Diponegoro yaitu Abu Ghonaim atau disebut sebagai Kyai Gubug Angin, yang kemudian masyarakat setempat dekat memangilnya Mbah Wastu. Untuk mempersingkat penyebutannya, masyarakat sering memanggilnya dengan panggilan Mbah Tu, yang kemudian menjadi sebutan Mbatu.
Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur
Keindahan Kota Wisata Batu Malang
Daerah wisata Kota Batu Malang ini berada pada ketinggian 680 meter sampai 1200 meter dpl, maka tak heran kalau suhu disekitarnya sanggup mencapai 15 sampai 19 derajat celcius. Akses jalan menuju Kota Wisata Batu ini pun juga terbilang cukup mudah. Itulah lantaran tempat wisata Kota Batu Malang ini banyak disukai kalangan penikmat perjalanan sebagai salah satu tempat berlibur di Jawa Timur terfavorit.
Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur
Wisata Museum Angkut di Batu Malang
Jika Anda berencana untuk tiba dan menikmati tempat wisata Batu Malang, berikut ini ada sejumlah tempat menarik yang patut untuk dikunjungi.

Pesona Wisata Alam di Batu
Daerahnya yang sejuk dan berada di daerah ketinggian, menciptakan daerah Batu Malang juga mempunyai riam yang indah, yaitu riam Coban Rais dan Coban Talun. Letak Air terjun Coban Rais berada di lereng Gunung Panderman dan mempunyai ketinggian sampai 20 meter. Anda akan disuguhkan suasana khas pegunungan yang kental berbalut udara sejuk dikala perjalanan ke lokasi riam ini. Sementara riam Coban Talun berlokasi di Dsn. Junggo, Desa Tulungrejo, Batu.
Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur
Air terjun Coban Talun di Batu Malang
Jika Anda ingin berenang, Anda sanggup tiba ke Selecta. Selecta yaitu sebuah tempat peristirahatan yang dibangun semenjak zaman Belanda. Tak hanya bak renang, di tempat ini juga ada taman bunga, pasar sayur dan buah, taman bermain, serta tempat untuk piknik.
Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur
Taman Bunga Selecta di Batu Malang
Jika Anda ingin merasakan pemandian air panas di daerah Batu Malang, Anda sanggup menuju ke Cangar yang berlokasi di Taman Hutan Raya R. Soeryo. tempat wisata Batu Malang yang satu ini juga sering dikunjungan wisatawan.

Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur
Pemandian Air panas Cangar di Batu Malang
Agrowisata
Wisata Batu di Malang kaya akan aneka objek wisata perkebunan dan pertanian. Anda sanggup pergi mengunjungi agrowisata yang terdapat di sana, menyerupai Kusuma Agrowisata Batu untuk merasakan pengalaman memetik dan mencicipinya secara pribadi buah apel, stroberi, jeruk.

Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur
Depot susu sapi Ganesha di Batu Malang
Di Batu Malang, Anda juga sanggup merasakan hasil olahan peternakan yang populer, yaitu susu sapi Ganesha, terletak di di depan alun-alun kota Batu. Susu sapi Ganesha ini yaitu salah satu masakan Malang yang patut Anda coba. Sementara itu, Anda sanggup menjumpai banyak sekali jajanan masakan lainnya di Batu yang menarik.

Permainan dan Edukasi
Di kota Batu, tersedia banyak wahana permainan dan hiburan bagi para wisatawan yang datang. Selain wahana, tersedia juga akomodasi edukasi keluarga yang menarik menyerupai Jatim Park Malang, Eco Green Park, Batu Wonderland dan Museum Angkut.

Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur
Eco Green Park Wisata di Batu Malang
Wisata Bersejarah
Kota Batu juga mempunyai sejumlah peninggalan sejarah yang populer, baik itu dari masa kerajaan sampai masa peninggalan Belanda. Satu yang terkenal yaitu objek wisata Songgoriti, tempat ini terkenal dengan peninggalan candi Kerajaan Singosari pada era ke-10.

Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Pesona Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur
Songgoriti di Batu Malang
Tempat wisata ini terletak di lembah Gunung Banyak, disini Anda akan disuguhkan dengan nuansa alam yang begitu sejuk dan asri. Di Songgoriti, Anda juga sanggup mencoba bak pemandian air panas, pergi ke pasar wisata, sampai kios-kios yang menjual aneka souvenir khas Batu Malang.

Masih ada sejumlah tempat menarik yang sanggup Anda temukan di Kota wisata Batu di antaranya alun-alun kota Batu, Batu Night Spectaculer, dan aneka wisata masakan khas Batu. Bila Anda tertarik untuk mengeksplorasi desa wisata di Batu Malang, Anda sanggup mengunjungi desa wisata Sumber Brantas, desa wisata Kunkuk dan desa wisata Panderman.

Kegiatan menarik lainnya di Batu yaitu melaksanakan pendakian ke gunung Kawi, gunung Arjuno Cangar, dan gunung Anjasmoro. Tentu hal tersebut akan terasa sangat mengasyikkan terutama bagi yang menyukai petualangan atau hiking. Jika Anda suka bersepeda gunung, maka rute Batu yang menanjak pun sanggup Anda coba. Sedangkan untuk acara arum jeram, Anda sanggup mencoba rafting di Kaliwatu. Tidak kurang dari itu, acara paralayang pun juga sanggup Anda nikmati di tempat wisata Batu Malang ini, tersedia mulai dari paket basic sampai dengan paket premium.

Hotel di Batu Malang
Kawasan wisata Batu Malang mempunyai banyak tempat penginapan, baik villa, hotel maupun guesthouse. Beberapa hotel yang terkenal dikunjungi diantaranya yaitu Royal Orchids Garden Hotel, The Singhasari Resort, dan Kampung Lumbung Boutique Hotel.

Rute Perjalanan Menuju Wisata Batu Malang
Bila dari Kota Malang, jarak menuju Kota Batu ini sekitar 15 km. Anda sanggup menempuh perjalanan dengan memakai kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Jika Anda dari Surabaya, maka jarak perjalanan ke Batu Malang akan Anda tempuh sekitar 101 km dan menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Bila dari Kediri, untuk menuju Batu, sanggup melalui kota Pare.

1 komentar:

  1. Apakah kamu sudah tau prediksi togel mbah jambrong yang jitu? bila belum baca Prediksi jitu mbah jambrong Sgp

    BalasHapus