Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Senin, 22 Januari 2018

Info Lengkap Candi Plaosan, Candi Kembar Nan Romantis

Kamu sedang berlibur di Candi Prambanan? apa kau tahu kalau di erat Candi Prambanan terdapat dua candi kembar berjulukan Candi Plaosan?

 Kamu sedang berlibur di Candi Prambanan Info Lengkap Candi Plaosan, Candi Kembar nan Romantis
candi plaosan. foto : @yulius.raharja

Makara kalau kau sudah tamat berkeliling di Candi Prambanan, sempatkanlah untuk mengunjungi Candi Plaosan yang hanya berjarak kurang lebih 1 km saja. 



Apa yang Menarik di Candi Plaosan?

Candi Plaosan juga dikenal dengan nama candi kembar alasannya yakni disini berdiri dua candi besar dengan ukuran dan bentuk hampir sama.

Candi yang berdiri disebelah selatan berjulukan Candi Plaosan Kidul, sedangkan yang disebelah utara berjulukan Candi Plaosan Lor.

 Kamu sedang berlibur di Candi Prambanan Info Lengkap Candi Plaosan, Candi Kembar nan Romantis
sunset yang indah. foto : @langkahbercerita

Candi Plaosan mempunyai tinggi dan panjang sekitar 15 meter dengan lebar kurang lebih 10 meter, jarak antara kedua candi tersebut sekitar 20 meter, dengan dipisahkan oleh tembok pembatas, yang membedakan dari kedua candi itu yakni relief yang terukir di dinding candi,

Di komplek Candi Plaosan terdapat 116 stupa perwara dan 50 candi perwara, kalau kita perhatikan, struktur bangunan Candi Plaosan merupakan adonan dari dua agama, yaitu hindu dan budha.

Dimana struktur candi yang menjulang tinggi merupakan ciri khas dari candi hindu sedangkan struktur melebar merupakan ciri khas candi budha.

Banyak orang mengira kalau lokasi Candi Plaosan termasuk dalam daerah Yogyakarta, padahal bergotong-royong objek wisata ini masih termasuk dalam provinsi jawa tengah lho, tepatnya di kabupaten Klaten, jadi jangan salah ya.

Jika kita tiba dari arah Candi Prambanan, kita akan melihat pemandangan sawah nan hijau yang menyejukkan, dari kejauhan Candi Plaosan terlihat diantara hijaunya persawahan, menyebabkan pemandangan kian indah dan layak kita abadikan kedalam kamera.

 Kamu sedang berlibur di Candi Prambanan Info Lengkap Candi Plaosan, Candi Kembar nan Romantis 
pemandangan candi plaosan dari jauh. foto : @yosefkaprino

Nah bagi kau yang suka membaca relief, bila kita perhatikan, relief di dinding candi bab selatan atau Candi Plaosan Kidul menggambarkan seorang lelaki yang berdasarkan kisah sebagai kekaguman Pramodyawardani terhadap Rakai Pikatan.

Sedangkan relief di candi bab utara atau Candi Plaosan Lor menggambarkan seorang wanita yang konon merupakan kekaguman Rakai Pikatan terhadap Pramodyawardani.

Bangunan Candi Plaosan utama sendiri merupakan candi bertingkat, dimana setiap bangunan mempunyai 6 ruangan yang dibagi menjadi 3 ruangan bawah dan 3 ruangan atas, dimana pada zaman dahulu untuk pembatas antar ruangan memakai papan kayu.

Sebagai objek wisata yang cukup populer, kanal menuju lokasi Candi Plaosan memang sangat mudah, apalagi kalau kau dari prambanan, tempat wisata Klaten satu ini selalu menjadi alternatif sehabis puas berkeliling di candi prambanan, mungkin kau sanggup mencoba untuk tiba kesini.

 Kamu sedang berlibur di Candi Prambanan Info Lengkap Candi Plaosan, Candi Kembar nan Romantis
cocok buat hunting foto : @fathurohman7



Fasilias :
  • Pusat Informasi
  • Tempat Parkir
  • Penjual Cemilan

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan :
Rp. 5.000/orang


Jam Buka :
09:00 - 17:30 WIB


Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, kau sanggup mencarinya di sentra kota Klaten atau di sekitar objek wisata Candi Prambanan





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
  • 24 km dari sentra kota Klaten (40 menit)
  • 18 km dari sentra kota Yogyakarta (40 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh kalau tidak ada kendala)




Rute Menuju Candi Plaosan :

Akses menuju Candi Plaosan sangatlah mudah, kau sanggup mengikuti rute dibawah ini :

#Dari Arah Klaten
Jika kau dari arah Kota Klaten, kau tinggal menuju ke arah Jogja atau Candi Prambanan saja, sempurna sebelum hingga di Candi Prambanan kau akan menemukan perempatan dengan petunjuk bertuliskan Candi Plaosan kecil di sisi kanan jalan atau Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah di sebelah kanan jalan, silahkan belok kanan.

Setelah itu cukup ikuti jalan saja, nanti kau akan melihat Candi Plaosan dari kejauhan di sebelah kanan, sehabis kau menemukan pertigaan, silahkan belok kanan hingga kau hingga di lokasi.


#Dari Arah Jogja
Apabila kau dari arah Jogja, kau tinggal menuju ke arah Klaten saja, sempurna di perempatan sehabis Candi Prambanan atau Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah di sebelah kiri jalan, silahkan belok kiri.

Ikuti jalan tersebut nanti kau akan melihat Candi Plaosan dari kejauhan di sebelah kanan, sehabis kau menemukan pertigaan silahkan belok kanan hingga hingga di lokasi.

(ingat, jangan belok sebelum kau melihat Candi Plaosan dari kejauhan ya!)




Tips Saat Berlibur Ke Candi Plaosan :

  • datanglah ketika pagi hari, alasannya yakni ketika pagi udara masih terasa sejuk dan segar.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • jangan mencoret coret dinding.
  • sangat cocok bagi kau yang menyukai wisata sejarah.








    Wisata Terdekat Dari Candi Plaosan (-1 Jam):

    Candi Prambanan (9 menit)
    Candi Prambanan yakni komplek candi hindu terbesar dan paling terkenal di Indonesia.

    Candi Ratu Boko (12 menit)
    Candi Ratu Boko terkenal sebagai salah satu spot keren untuk melihat sunset di Jogja, lokasi ini sangat cocok kau kunjungi ketika sore hari.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar