Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Selasa, 09 Januari 2018

Info Lengkap Sam Poo Kong, Wisata Sejarah Di Semarang Yang Wajib Dikunjungi

Semarang, selain sebagai ibu kota Jawa Tengah, kota satu ini juga mempunyai beraneka ragam jenis wisata, mulai dari wisata sejarah, religi, alam hingga wisata kuliner.

Nah, salah satu tempat wisata di Semarang yang sudah cukup terkenal sebagai wisata sejarah dan religi yaitu Sam Poo Kong.

 kota satu ini juga mempunyai beraneka ragam jenis wisata Info Lengkap Sam Poo Kong, Wisata Sejarah di Semarang yang Wajib Dikunjungi
patung laksamana cheng ho di sam poo kong. foto : @naqmoto

Sam Poo Kong merupakan sebuah bangunan klenteng, yaitu bangunan yang difungsikan sebagai tempat beribadah masyarakat China, tak heran bila seluruh bangunan di Klenteng Sam Poo Kong berwarna merah dan kuning khas negeri China.




Apa yang Menarik di Klenteng Sam Poo Kong ?

Selain menjadi tempat beribadah, Sam Poo Kong juga menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang cukup populer, terutama dikalangan anak muda, daerah Sam Poo Kong terbilang cukup luas jadi sanggup menampung banyak pengunjung.

 kota satu ini juga mempunyai beraneka ragam jenis wisata Info Lengkap Sam Poo Kong, Wisata Sejarah di Semarang yang Wajib Dikunjungi
arsitektur sam poo kong keren bro! foto : @wawaandarmawan

Sam Poo Kong sendiri merupakan sebuah bangunan peninggalan Laksamana Cheng Ho, seorang Laksamana bergama Islam dari China, ketika kau memasuki daerah Klenteng, kau sanggup melihat patung Laksamana Cheng Ho yang sangat besar terlihat berdiri kokoh.


Bangunan inti dari klenteng Sam Poo Kong yaitu sebuah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika mengunjungi Pulau Jawa di tahun 1400-an.

Goa Aslinya tertutup longsor pada tahun 1700-an, kemudian dibangun kembali oleh penduduk setempat sebagai penghormatan kepada Cheng Ho.

Didalam bangunan Goa Batu tersebut terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang berbalut emas dan difungsikan sebagai tempat bersembayang untuk memohon rezeki, keselamatan dan kesehatan bagi agama budha, tak hanya itu saja, di daerah Klenteng Sam Poo Kong juga terdapat bangunan lain menyerupai :

Klenteng Thao TeeKong
Bangunan ini difungsikan sebagai tempat pemujaan Dewa Bumi untuk memohon berkah dan keselamatan hidup.

Kyai Juru Mudi
Yaitu merupakan makam dari juru mudi kapal yang ditumpangi oleh Laksamana Cheng Ho.

Kyai Jangkar
Di area ini terdapat jangkar orisinil dari kapal Laksamana Cheng Ho yang dibalut oleh kain berwarna merah, selain itu tempat ini juga dipakai untuk mendoakan arwah yang tidak bersanak keluarga yang mungkin belum mendapat tempat di alam baka.

Kyai Cundrik Bumi
Merupakan tempat penyimpanan segala jenis senjata milik awak kapal Laksamana Cheng Ho.

Kyai dan Nyai Tumpeng
Merupakan tempat penyimpanan materi kuliner pada masa Laksamana Cheng Ho.

 kota satu ini juga mempunyai beraneka ragam jenis wisata Info Lengkap Sam Poo Kong, Wisata Sejarah di Semarang yang Wajib Dikunjungi
suasana sam poo kong di malam hari. foto : @galangkp

Karena Klenteng Sam Poo Kong merupakan bangunan yang mempunyai fungi utama untuk sembayang agama budha, jadi tidak semua orang diperbolehkan memasuki setiap ruangan, pun begitu kita masih tetap sanggup melihat keindahan arsitektur bangunan Klenteng dari luar kok.

Klenteng Sam Poo Kong sanggup menjadi lokasi keren bagi kau pecinta fotografi, lantaran bangunan-bangunan di daerah Klenteng terlihat sangat unik dengan ciri khas bangunan China, jadi kau tidak perlu jauh-jauh pergi ke China untuk melihat bangunan menyerupai itu, cukup ke Sam Poo Kong saja.

Buat kau yang ingin mendapat hasil foto yang berbeda, kau sanggup menyewa pakaian khas China juga lho, cukup membayar sekitar Rp. 100.000 saja, kau sudah sanggup berfoto dengan pakaian tersebut, ditambah lagi kita juga akan mendapat jasa dari fotografernya.

...jadi kau gak perlu kawatir hasil fotomu jelek.

Setiap harinya, Sam Poo Kong selalu ramai oleh pengunjung, terutama kalangan anak muda, nah, sehabis kau puas berkeliling di daerah Klenteng, dengan biaya aksesori kau sanggup mencoba berfoto dengan memakai pakaian khas China juga lho.

 kota satu ini juga mempunyai beraneka ragam jenis wisata Info Lengkap Sam Poo Kong, Wisata Sejarah di Semarang yang Wajib Dikunjungi
infografik sejarah sam poo kong



Baca Juga :
daftar tempat wisata romantis di Semarang
daftar tempat wisata anti mainstream di Semarang



Fasilitas :
  • WC
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Spot foto
  • Pusat informasi


Harga Tiket Masuk Sam Poo Kong :
Dewasa : Rp. 5.000/orang (hari biasa)
Anak Anak : Rp. 3.000/orang (hari biasa)

Dewasa : Rp. 8.000/orang (weekend dan hari libur)
Anak Anak : Rp. 5.000/orang (weekend dan hari libur)

Masuk Area Sembahyang  :
Dewasa : Rp. 20.000/orang

* Jika kau tiba untuk berdoa (sembahyang), uang tiket masuk akan dikembalikan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku

Foto memakai pakaian khas China :
Rp.100.000/orang


Jam Buka :
08:00-21:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Untuk problem penginapan, lantaran lokasinya yang tidak jauh dari sentra kota Semarang, jadi kau sanggup mencari hotel di sentra kota.



Lokasi :

  • Alamat ; Simongan, Semarang, Jawa Tengah.
  • 5 Km dari sentra Kota Semarang melalui Jl. Veteran (22 menit)
  • 4 Km dari Bandara Ahmad Yani melalui Jl. Pamularsih (20 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh bila tidak ada kendala)




Rute Menuju Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Akses menuju ke objek wisata Sam Poo Kong terbilang sangat gampang lantaran tidak jauh dari sentra kota Semarang.

Apabila kau dari arah Simpang Lima Semarang, cukup ambil arah melewati Jalan Pahlawan hingga hingga di perempatan depan Polda Jateng.

Sesampainya di perempatan silahkan belok kekanan melewati Jalan Veteran (ambil arah Bandara) hingga kau hingga di RSUP Dr. Kariadi, sempurna didepan RSUP Dr. Kariadi silahkan belok kekiri dan ikuti saja jalan tersebut, Klenteng Sam Poo Kong berada di kiri jalan sehabis jembatan, tidak perlu takut tersesat lantaran sudah terdapat banyak petunjuk jalan.

Selain memakai kendaraan pribadi, Sam Poo Kong juga sanggup dijangkau memakai transportasi umum, baik taksi maupun bus trans semarang yang menuju ke Mangkang atau sebaliknya. dan juga bus wisata Kota Semarang.




Tips Berlibur ke Sam Poo Kong Semarang :

  • Kapanpun merupakan waktu terbaik untuk berkunjung ke Sam Poo Kong, terutama ketika imlek lantaran biasanya akan diadakan sebuah pertunjukan di daerah Klenteng.
  • Sangat cocok untuk kau pecinta fotografi.
  • Untuk mencicipi suasanya yang lebih nyaman, kau sanggup tiba di malam hari.
  • Jika kau ingin mengetahu lebih jauh mengenai sejarah Sam Poo Kong, kau sanggup menyewa guide yang sanggup kau tanya apapun wacana Klenteng.





lihat peta cara menuju ke sam poo kong



Wisata Terdekat Dari Sam Poo Kong (-1 Jam):

Taman KB (10 menit)

Lawang Sewu (14 menit)

Wonderia (16 menit)

Pagoda Watu Gong (29 menit)

Masjid Agung Jawa Tengah (21 menit)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar