Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Selasa, 09 Januari 2018

35 Daerah Wisata Di Indonesia Yang Romantis Dikunjungi

Tempat Wisata di Indonesia - Indonesia yakni negara yang sangat besar, baik penduduk dan wilayah darat, dengan keragaman budaya dan geologi yang signifikan. Dengan 18.110 pulau, 6.000 di antaranya didiami, merupakan kepulauan terbesar di dunia. Populasi sekitar 240 juta orang berasal dari 300 kelompok etnis yang berbicara lebih dari 250 bahasa yang berbeda. Sementara Bali biasanya merupakan tujuan yang paling dekat bagi pengunjung mancanegara, ada banyak tempat wisata unggulan lainnya di Indonesia untuk ditemukan di negara yang luas dan bermacam-macam ini.


Baca ini : Menikmati Keindahan Bawah Bahari Pantai Tanjung Karang Di Kabupaten Donggala


Liburan merupakan salah satu cara paling jitu untuk melepas stres akhir rutinitas dan pekerjaan yang menjemukan. Tidak perlu melancong ke luar negeri atau menghabiskan uang di pusat-pusat perbelanjaan mahal, lantaran Indonesia juga punya banyak sekali tempat menarik yang menunggu untuk segera Anda jelajahi. Dari mulai wisata bahari dan pantai, pegunungan, danau, hutan, dan masih banyak lagi yang lainnya, semua sanggup dengan gampang ditemukan di Negeri Zamrud Khatulistiwa ini. Nah, dari Sabang hingga Merauke, ada daftar tempat wisata yang cocok dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga, antara lain sebagai berikut: 

1. Raja Ampat
Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Konon, tempat wisata ini merupakan lokasi penyelaman bawah bahari terbaik di dunia lantaran keberagaman fauna dan tanaman bawah air yang dimilikinya. Menurut peneliti, 75% dari total terumbu karang di seluruh dunia terdapat di Raja Ampat. Tidak heran kalau banyak pelancong aneh yang tergila-gila dengan keindahan wisata Raja Ampat. Jika berkunjung ke sini, cobalah menginap di kapal pinisi yang terdapat di lokasi. Meskipun harganya cukup mahal (Rp100 juta untuk 14 orang selama seminggu), Anda akan mendapat pengalaman berwisata yang tak terlupakan. 

Akses menuju Raja Ampat cukup mudah, dari Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum menuju Pelabuhan Sorong. Jangan lupa, di sini Anda harus mendaftarkan diri untuk sanggup masuk tempat wisata Raja Ampat. Dari Pelabuhan Sorong, Anda sanggup menaiki kapal rakyat menuju ibu kota Raja Ampat dan mencari penginapan murah di sana. Nah, untuk menuju lokasi penyelaman, Anda sanggup menyewa speedboat yang disediakan di sekitar lokasi. 

2. Pulau Komodo
Pulau Komodo
Tempat wisata Pulau Komodo memperlihatkan keindahan daratan dan alam bawah bahari yang luar biasa. Ada banyak hal yang sanggup Anda lakukan di sini, mulai dari trekking, menyelam hingga snorkerling. Untuk trekking, Anda sanggup menjelajah pulau bersama rombongan dan seorang ranger atau pemandu. Dalam perjalanan, Anda sanggup menemukan komodo yang sedang berburu mangsa atau beristirahat. Ranger akan membekali Anda dengan sebuah tongkat yang ujungnya bercabang. 

Tongkat ini dipercaya sanggup melemahkan komodo ketika hewan ini mulai menyerang. Dengan menekan leher komodo menggunakan ujung tongkat yang bercabang, hewan ini seketika akan jinak. Penting bagi Anda untuk menjaga setiap gerakan ketika berjalan lantaran hewan ini sangat peka terhadap gerakan yang tiba-tiba.

Menyelam dan snorkeling di perairan Pulau Komodo tak kalah seru. Tempat wisata ini juga dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya dan menjadi salah satu lokasi menyelam favorit. Yang menarik lagi yakni adanya Pink Beach atau Pantai Merah Muda. Pantai ini yakni salah satu dari tujuh pantai di dunia yang mempunyai pasir berwarna kemerahan. Warna ini diduga berasal dari serpihan koral yang hancur dan bercampur bersama pasir pantai. Saat terkena ombak, warna merah semakin terlihat terperinci lantaran basah.

3. Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang lagi-lagi ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia, tepatnya pada tahun 2005. Hal ini dikarenakan kekayaan dan keragaman biota lautnya yang luar biasa mulai dari terumbu karang, rumput bahari hingga spesies ikan yang ada.

Tempat wisata ini mempunyai lebih dari 30 titik menyelam yang menjadi favorit banyak penyelam domestik maupun mancanegara. Selain menyelam dan bersentuhan pribadi dengan ikan-ikan di sini, Anda juga sanggup menyelam bersama kapal selam yang telah disediakan. Kapal ini mempunyai dinding beling transparan untuk memudahkan Anda melihat pemandangan bawah bahari Taman Laut Bunaken tanpa terkena air dan basah.

4. Danau Toba
Danau Toba
Mungkin anda tentu sudah tak aneh lagi dengan tempat wisata yang satu ini, bukan? Ya, keindahan Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya memang berhasil menarik perhatian wisatawan, tidak hanya lokal, tapi juga internasional. Danau Toba sendiri merupakan sebuah danau raksasa yang terbentuk akhir dari kegiatan gunung berapi. Danau ini mempunyai panjang 100 km dan lebar 30 km dan disebut-sebut sebagai danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. 

Tidak hanya wisata danaunya yang menarik, di sini pengunjung juga sanggup menjelajah tempat hutan pinus di sekitar danau, menikmati pemandian air hangat, dan bermain-main di sekitar air terjun. Sudah? Tunggu dulu, di Pulau Samosir ada 2 desa wisata yang juga tak luput dari perhatian wisatawan, yakni Tomok dan Tuktuk. Di Tomok, Anda sanggup mengunjungi makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan melihat pertunjukan boneka Sigale-gale. Mau bermalam di sini? Ada banyak penginapan murah di Tuktuk yang sanggup Anda jadikan referensi.

Cek hotel di danau Toba

5. Pulau Peucang
Pulau Peucang
Setelah puas menjelajah tanah Sumatera, mari menyeberang ke arah selatan, yakni Pulau Jawa. Di ujung paling barat Pulau Jawa sendiri terdapat sebuah tempat wisata menarik yang tak boleh dilewatkan, yakni Pulau Peucang. Pulau in terletak persis di sebelah timur Taman Nasional Ujun Kulon dan mempunyai pemandangan yang begitu memesona. 

Di pulau yang sudah disahkan menjadi situs warisan budaya UNESCO ini Anda sanggup dengan gampang menjumpai aneka tanaman dan fauna khas Banten, ibarat rusa, banteng Jawa, merak hijau, lutung, dan sebagainya. Untuk sanggup menikmati pasir putih dan birunya bahari Pulau Peucang, Anda perlu melalui dermaga penyeberangan yang terdapat di Kecamatan Sumur (sekitar 9 jam dari Tangerang). Namun percayalah, rasa lelah akan terbayar begitu Anda menginjakkan kaki di nirwana tersembunyi yang dimiliki Banten ini.
     
6. Puncak Jaya Wijaya
Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya atau yang biasa disebut dengan Puncak Carstensz yakni satu-satunya puncak gunung di Indonesia yang mempunyai salju abadi. Puncak ini menjulang setinggi lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut. Yang lebih membanggakan lagi yakni Gunung Jayawijaya masuk ke dalam daftar Seven Summits atau tujuh gunung dengan puncak tertinggi di dunia.

Puncak Jayawijaya ini pertama kali ditaklukan oleh seorang penjelajah asal Belanda berjulukan Hendrik Albert Lorentz pada tahun 1909. Lorentz berhasil mendaki puncak bersalju ini bersama enam orang suku Dayak Kenyah yang direkrutnya di Kalimantan. Setelah pendakian yang berhasil ini, mulai banyak pendaki yang mengikuti jejak Lorentz untuk menaklukan Puncak Jayawijaya. Hmm, apakah Anda pendaki selanjutnya yang berhasil menaklukan Puncak Carstensz?


7. Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Tempat wisata di Indonesia ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991. Candi Borobudur sempat terkubur bubuk vulkanik dari letusan Gunung Merapi, hingga kemudian ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles di tahun 1814.

Tempat wisata di Indonesia ini diperkirakan dibangun pada tahun 824. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik dan membentuk 504 arca Buddha, 72 stupa dan sebuah stupa induk sempurna di puncak candi. Mitosnya, jikalau Anda memasukkan tangan ke lubang stupa dan berhasil menyentuh arca yang ada di dalamnya, maka keinginan Anda akan terkabul. Di sini, Anda juga sanggup membeli bermacam suvenir mulai dari kaos, gantungan kunci, kipas hingga miniatur Candi Borobudur.

Pada perayaan Waisak, Candi Borobudur menjadi sentra berkumpulnya banyak umat Buddha dari banyak sekali pecahan dunia ibarat Tibet dan Thailand. Ritual ini menjadi salah satu daya tarik wisata di sini. Yang paling diminati wisatawan yakni program puncak berupa pelepasan lampion ke langit. Lampion-lampion tersebut akan dilepaskan bersama dengan doa dan keinginan untuk satu tahun ke depan.


8. Bali
Bali
Bali mempunyai banyak keindahan alam yang sangat indah mulai dari gugusan pantainya, suasana pegunungannya hingga akal-akalan sakralnya. Dari sekian banyak tempat wisata menarik, yang paling terkenal di pendengaran wisatawan tentu saja Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak, Pura Tanah Lot dan suasana pedesaan Ubud.

Bali menjadi bukti bahwa untuk sanggup menari perhatian dunia internasional, budaya dan nilai kekhasan tak perlu dikorbankan. Dengan tetap menjaga budayanya, Bali justru mengundang banyak wisatawan aneh untuk datang. Di sini, Anda akan banyak menemui sekumpulan wisatawan aneh yang sedang menikmati pertunjukan seni dan budaya khas Bali.


9. Danau Sentani
Danau Sentani
Danau Sentani disebut sebagai danau terbesar dengan di Papua. Tak mengherankan memang, lantaran danau ini mempunyai luas sekitar 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Indonesia ini dihiasi dengan 21 pulau di sekitarnya yang menjadi perkampungan warga.

Apa saja yang sanggup Anda lakukan di sini? Banyak. Anda sanggup memancing, berenang atau berkeliling danau dengan bahtera sewaan. Jika masih merasa masih kurang, kenapa tak berkunjung ke desa-desa setempat? Anda sanggup mampir ke rumah-rumah dan berbincang sambil menikmati masakan khasnya.

Jika Anda berkunjung pada pertengahan bulan Juni, selamat! Anda sanggup sekaligus menikmati Festival Danau Sentani. Festival ini merupakan program rutin tahunan yang menampilkan banyak sekali pertunjukkan seni dan budaya Papua. Selain itu, bermacam-macam masakan khas Papua sanggup Anda nikmati di sini.


10. Trio Gili
Trio Gili
Trio Gili merupakan tiga pulau anggun yang ada di Lombok. Ketiga pulau tersebut antara lain Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ketiganya tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik, tapi juga telah berhasil mengundang banyak wisatawan mancanegara untuk datang.

Dari ketiga pulau tersebut, sanggup dibilang Gili Trawangan yakni yang paling populer. Selain lantaran ukurannya yang lebih luas dibanding kedua pulau lainnya, di sini juga telah berdiri banyak tempat hiburan ibarat kafe dan kafe. Ada banyak kegiatan yang sanggup Anda lakukan di tempat wisata ini mulai dari berjemur, menyelam hingga snorkeling. Yang lebih asyik, Anda juga sanggup menyewa sepeda atau naik cidomo, kereta kuda semacam delman, untuk berkeliling pulau.

Meskipun Gili Trawangan lebih banyak dikunjungi, namun Gili Meno dan Gili Air tak kalah menarik. Kedua pulau ini juga mempunyai keindahan pantai dan alam bawah bahari yang menunggu untuk Anda jelajahi. Suasana keduanya relatif lebih sepi dan damai sehingga cocok untuk Anda yang memang ingin lepas dari keramaian.


11. Pantai Sumurtiga
Pantai Sumurtiga
Pantai Sumurtiga yang terletak di Kota Sabang, Provinsi DI Aceh. Pantai berpasir putih ini mempunyai garis pantai yang panjang dengan air lautnya yang berwarna biru muda, lengkap dengan pepohonan kelapa yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Tak heran kalau banyak orang menyebut Pantai Sumurtiga sebagai Hawaii-nya Sabang. Selain berselancar dan menikmati keindahan bawah bahari dengan ber-snorkeling ria, Anda juga sanggup menginap di cottage yang banyak terdapat di sekitar pantai. Asyik sekali, bukan?

12.  Ngarai Sianok Bukittinggi
Ngarai Sianok
Jika sudah puas menjelajah tanah Sumatera Utara, kini giliran Anda untuk melangkahkan kaki ke Sumatera Barat, tepatnya di Kota Bukittinggi. Ya, kota dengan relief alam berbukit-bukit ini memang mempunyai banyak tempat wisata anggun yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya yakni Ngarai Sianok. Bagi yang belum tahu, Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah sempit dengan bukit-bukit bertebing curam di sekelilingnya. 

Di tengah lembah ini mengalirlah sungai kecil yang menciptakan pemandangan semakin menakjubkan. Di sini, selain bersepeda, trekking, atau berjalan-jalan ringan, Anda juga sanggup berdiam diri menikmati ketenangan yang ditawarkan Ngarai Sianok. Karena suasananya yang menenangkan itulah tempat wisata ini juga disebut Lembah Pendiam. Jika punya kesempatan menjelajah Bukittinggi, jangan lupa mampir ke sini, ya!

13. Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu
Jakarta ternyata tidak melulu soal macet, gedung-gedung pencakar langit, hotel dan sentra perbelanjaan mewah, lho. Jika mau bergeser sedikit ke arah utara di Kepulauan Seribu, Anda akan menemukan Jakarta yang berbeda. Ya, di sini terdapat sebuah tempat wisata bertajuk Taman Nasional Kepulauan Seribu yang tidak hanya dijadikan sebagai zona konservasi, tapi juga tempat wisata. 

Selain itu, Kepulauan seribu juga mempunyai banyak pulau anggun yang sangat cocok dijadikan destinasi liburan selesai pekan, beberapa di antaranya yakni Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena air lautnya jernih dan berpasir putih, tempat ini merupakan spot yang sangat cocok untuk menyelam, snorkeling, dan kegiatan air yang lainnya. Untuk mencapai Kepulauan Seribu, Anda harus menyeberang menggunakan kapal yang disediakan di Pelabuhan Ancol selama 3 jam perjalanan.

14. Kawah Putih - Bandung
Kawah Putih Bandung
  Kawah Putih yang terletak di Ciwidey, Bandung. Terletak sekira 50 km arah selatan Kota Bandung, objek wisata ini merupakan sebuah danau vulkanis yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Karena tercampur dengan unsur belerang, tanah di tempat wisata ini seluruhnya berwarna putih. Yang menarik, danau di sini juga sanggup berubah warna sesuai dengan kadar belerang, suhu, serta iklim. 
Karena letaknya berada pada ketinggian 2.400 dpl, cuaca di sini terbilang cukup masbodoh sehingga Anda disarankan untuk menggunakan jaket tebal. Untuk sanggup menikmati keindahan Kawah Putih, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp15.000. Di lokasi, ada banyak akomodasi yang sanggup Anda nikmati, mulai dari musala, restoran, area parkir, dan transportasi dari gerbang hingga kawah.

15. Kepulauan Karimunjawa
Kepulauan Karimunjawa
Di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di bab utara Pulau Jawa, ada satu tempat wisata menarik yang banyak dirujuk wisatawan sebagai destinasi liburan selesai pekan, tidak hanya wisatawan domestik, tapi juga mancanegara, yakni Kepulauan Karimun Jawa. Tempat wisata yang masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara ini merupakan titik paling pas untuk menikmati nirwana bawah bahari dengan 90 jenis karang bahari dan 240 lebih spesies ikan yang luar biasa cantik. 

Selain itu, Anda juga sanggup menikmati hutan mangrove dan melihat satwa khas di tempat wisata yang dijuluki sebagai Pulau Karibia-nya Jawa ini, ibarat rusa, kera, penyu, bermacam-macam spesies burung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

16. Pantai Siung  Gunungkidul
Pantai Siung
Selain kaya akan wisata sejarah, budaya, dan kuliner, Yogyakarta juga mempunyai banyak tempat wisata anggun yang tak kalah dengan yang ada di luar negeri, salah satunya yakni Pantai Siung di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus ini mempunyai pesona yang sungguh memikat. 

Tidak hanya pasir putih dan air lautnya yang biru, suasana di pantai ini juga terbilang damai lantaran belum banyak dikunjungi orang, sehingga sangat cocok buat Anda yang ingin berelaksasi menyegarkan pikiran. Sekadar saran jikalau ingin ke sini, pakailah kendaraan pribadi lantaran jalan menuju lokasi dikelilingi oleh perbukitan kapur dan ladang palawija. Meski memakan waktu 2 jam dari sentra Kota Jogja, rasa lelah akan terbayar lunas begitu Anda hingga di lokasi.

17. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Taman Nasional Bromo
Jawa Timur mempunyai satu pesona wisata yang kecantikannya tak terbantahkan, bahkan oleh wisatawan dari banyak sekali penjuru dunia. Ya, apa lagi kalau bukan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Tempat wisata berupa taman nasional yang terletak di 4 kabupaten di Jawa Timur ini sendiri mempunyai banyak objek menarik yang dilarang dilewatkan. 

Mulai dari Gunung Bromo dan semeru, lautan pasir, Pantai Berbisik, Air Terjun Madakaripura, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan lain-lain yang semuanya cantik. Akses menuju TNBTS ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti rute menuju Gunung Bromo. Meskipun jalannya cukup ekstrem, semua akan terbayar tuntas jikalau Anda sudah hingga di lokasi.

18. Kawah Ijen Banyuwangi
Kawah Ijen

Eksotisme Jawa Timur tidak berhenti di Gunung Bromo dan sekitarnya, lho. Di Banyuwangi ada satu tempat wisata menarik yang sangat terkenal di kalangan wisatawan, yakni Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan danau sulfur terbesar di Pulau Jawa. 


Yang menarik, pengunjung sanggup menyaksikan pemandangan menakjubkan kawah berwarna toska dan biru api pada tengah malam menjelang subuh. Untuk sanggup mencapai puncak kawah, Anda harus mendaki tebing sepanjang 3 km dengan kemiringan pendakian sekitar 25-30 derajat. Meski melelahkan, seluruh penat yang terasa akan hilang seketika begitu hingga di tempat wisata nan memesona ini.

19.  Pulau Derawan Kalimantan Timur
Pulau Derawan
Pulau anggun ini sendiri memperlihatkan pesona bahari biru dengan pemandangan bawah bahari yang luar biasa memesona. Begitu cantiknya, objek wisata ini hingga berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai tempat menyelam bertaraf internasional. Di sini, Anda sanggup bebas bermain dengan penyu sambil berjemur di pantai pasir putihnya yang menawan. Selain menyediakan peralatan menyelam, di sini juga terdapat cottage dan restoran untuk menunjang kebutuhan liburan para wisatawan. Untuk menuju ke sini pun aksesnya sangat mudah, Anda hanya perlu menuju Tanjung Redep dengan menggunakan pesawat DAS, Deraya, atau KAL Star, kemudian dilanjut dengan menyewa motorboat menuju Pulau Derawan.

20.  Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya, ada ratusan ribu pendaki yang berjuang menaklukkan puncak Rinjani pada ketinggian 3.726 mdpl tersebut, terlebih pada ketika menjelang 17 Agustus. Konon, Gunung Rinjani merupakan gunung dengan pemandangan terindah se-Asia. 

Di sini juga terdapat hamparan bunga edelweiss dan Danau Segara Anak yang merupakan spot menarik para pendaki untuk mendirikan tenda, mandi air hangat, maupun memancing ikan. Nah, sebelum menetapkan untuk mendaki, buatlah persiapan sematang mungkin. Tidak hanya bekal mendaki, tapi juga mental dan stamina. Kebanyakan pendaki mengalah di tengah jalan lantaran tidak punya persiapan yang matang.

21. Sungai Kampar
Sungai kampar
Pernah membayangkan tidak bagaimana rasanya surfing di sungai? Ya, selama ini kita memang mengenal surfing alias berselancar sebagai olahraga air yang hanya sanggup dilakukan di pantai dengan ombak yang besar. Kalau Anda main ke Riau, semua teori di atas akan dengan gampang terbantahkan. Pasalnya, di Riau ada satu tempat wisata yang sangat pas dijadikan arena berselancar bersama teman-teman, yakni Sungai Kampar. 

Terkenal dengan ombak Bono-nya yang sanggup mencapai tinggi 6 meter, sungai yang terletak di Teluk Meranti, Kabupaten Palalawan, Riau, ini merupakan destinasi yang cocok untuk memuaskan hasrat berselancar Anda. Banyak peselancar mancanegara yang rela jauh-jauh tiba ke Riau demi sanggup menaklukkan ombak sungai yang terletak persis di garis ekuator ini. Bagaimana, tertarik menguji adrenalin di sini?

22. Anambas
Anambas
Di Kepulauan Riau, ada satu tempat wisata dengan pemandangan alam yang begitu memesona dan tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke sini. Ya, apa lagi kalau bukan Kepulauan Anambas? Seperti halnya Raja Ampat, tempat wisata yang pada 2013 kemudian pernah dianugerahi sebagai Kepulauan Tropis Terbaik di Asia versi CNN ini memang menyimpan begitu banyak keindahan yang belum tersentuh tangan manusia. 

Laut biru dengan pasir putihnya yang lembut serta terumbu karang yang anggun dijamin akan menyihir siapa saja yang berkunjung ke sini. Konon saking cantiknya, pemandangan di sini hingga mengalahkan Maldives! Siap berlibur ke sini?

23. Candi Muaro Jambi
Muaro Jambi
Tahukah Anda, bahwa di tanah Jambi juga terdapat sebuah kompleks candi Hindu-Budha terbesar di Indonesia? Ya, Candi Muaro Jambi namanya. Tempat wisata bersejarah ini merupakan perpaduan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu dan diperkirakan sudah ada semenjak kala 11 Masehi. 

Tempatnya yang menarik dan kaya akan nilai sejarah menciptakan Candi Muaro Jambi diresmikan sebagai Kawasan Wisata Sejarah Terpadu (KWST) pada 2012 silam oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak hanya wisatawan domestik, beberapa tahun belakangan wisatawan aneh pun mulai berdatangan demi sanggup menyaksikan pribadi tempat yang dulunya pernah dijadikan sebagai salah satu sentra tempat peribadahan agama Budha Tantri Mahayana di negeri ini.

24. Pantai Parai Tenggiri 
 
Parai Tenggiri

Anda tentu sudah pernah menyaksikan film fenomenal Laskar Pelangi yang berlatar di Pulau Belitong, bukan? Selain alur cerita, apa yang menarik dari film itu? Ya, tentu saja lokasi pengambilan gambarnya. Di Belitung (orang setempat biasa menyebutnya Belitong) memang banyak terdapat pantai anggun dengan batu-batu sebesar rumah yang tersebar di bibir pantai, salah satunya yakni Pantai Parai Tenggiri. 

Berbeda dengan pantai lain pada umumnya, Parai Tenggiri memiiki struktur pantai yang landai dengan air bahari berwarna hijau toska serta pasir putihnya yang lembut. Tidak hanya itu, ombak pantai yang damai juga menjadi alasan wisatawan yang bahagia dengan kegiatan berenang. Selain berenang, Anda juga sanggup memancing, parasailing, menyelam, snorkeling, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ayo, liburan ke Bangka Belitung!

25. Taman Nasional Ways
Taman Nasional Ways
Apa sih yang pertama muncul di pikiran Anda ketika mendengar kata Lampung? Kopinya yang harum dan penangkaran gajahnya yang terkenal itu? Ya, tidak salah, Lampung memang merupakan salah satu tujuan wisata yang pas bagi Anda yang ingin melihat penangkaran mamalia bertubuh besar yang satu ini. Adalah Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Kecamatan Labuhan Timur, Lampung. 

Tempat wisata yang dikelola oleh Kementerian Perhutanan ini pertama kali dibangun pada tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Selain merupakan tempat konservasi dan training gajah, di TNWK juga terdapat International Rhino Foundation yang difungsikan sebagai tempat penangkaran warak dari kepunahan. Untuk sanggup masuk ke sini, Anda hanya akan dikenai tiket masuk sebesar Rp30.000 per orang. Murah sekali, bukan?

26. Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang
Dari Jawa Barat, mari beranjak ke arah timur, tepatnya di Kota Semarang yang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah. Semarang sendiri merupakan kota yang cukup unik lantaran mempunyai bermacam-macam tempat wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, kuliner, dan sebagainya. Nah, salah satu tempat wisata bersejarah di Semarang yang cukup terkenal dan masih dikunjungi wisatawan hingga hari ini yakni tempat Kota Lama. 

Pada zaman dulu, tempat peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini merupakan sentra perdagangan dengan luas sekitar 31 hektar. Di sini, banyak bangunan kuno berarsitektur Belanda yang sarat akan nilai sejarah, di antaranya yakni Stasiun Tawang, Polder Air Tawang, Gereja Blenduk, Jembatan Mberok, serta tempat pertokoan. Pun lantaran kota ini didesain ibarat kota-kota di Belanda, tempat Kota Lama Semarang dijuluki dengan The Little Netherlands.

27. Air Terjun Kedung Pedut
Kedung Pedut
Selain Canting Mas Puncak Dipowono, masih banyak tempat wisata menarik lain di Kulon Progo yang tak kalah cantik, salah satunya yakni Air Terjun Kedung Pedut. Berlokasi di Girimulyo, Kulon Progo, Jogja, objek wisata air ini sangat cocok dikunjungi Anda yang merasa penat dengan rutinitas sehari-hari. Suara gemericik air ditambah hawa sejuk khas pegunungan dijamin akan menciptakan pikiran Anda segar kembali. Di sini, Anda sanggup puas bermain air hingga sore tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. 

Yang menarik dari objek wisata yang satu ini yakni warna airnya ada dua macam: biru dan putih. Ini lantaran warga setempat masih sangat telaten menjaga keasrian tanah kelahiran mereka. Untuk menuju ke lokasi curug (air terjun), Anda diharuskan menapaki jalur setapak selama kurang lebih 15 menit. Meskipun lelah, semua letih akan terbayar ketika pendengaran sudah mendengar bunyi gemericik air dari kejauhan. Siap liburan di Kulon Progo?

28. Pura Luhur Uluwatu
Pura Luhur Uluwatu
Bali dijuluki sebagai Pulau Seribu Pura lantaran di sini terdapat banyak sekali pura sebagai tempat pemujaan kepada dewa-dewa, salah satunya yakni Pura Luhur Uluwatu yang terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Pura ini sendiri terletak di atas kerikil karang yang terjal dengan ketinggian sekitar 97 meter dari permukaan laut. Dari atas tebing, wisatawan sanggup menyaksikan kemegahan Samudera Hindia yang biru sejauh mata memandang. 

Tidak hanya itu, letak pura yang berada di ujung barat daya Pulau Bali menciptakan tempat wisata ini digadang-gadang wisatawan sebagai lokasi paling baik di antero Bali untuk melihat matahari terbenam. Pura Watu juga dikenal sebagai lokasi terbaik untuk melihat pertunjukan Tari Kecak yang biasanya dimulai pukul 18.15 persis ketika matahari mulai kembali ke peraduannya.

29. Gili Trawangan
Gili Trawangan
Selain Bali, provinsi lain di Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan aneh yakni Nusa Tenggara Barat. Maklum saja, di sini ada banyak sekali tempat wisata alam yang tak kalah anggun dan menarik. Anda tentu pernah mendengar wacana pesona Gili Trawangan di NTB, bukan? Ya, Gili Trawangan memang mempunyai pantai dengan panorama yang eksotis. Siapa pun yang berkunjung ke sini niscaya akan tersihir dengan keindahan alamnya. 

Paduan langit biru, air bahari yang jernih berkilauan terkena pantulan cahaya matahari, dan pasir putih yang halus kolam permadani akan semakin menyempurnakan liburan Anda bersama orang terkasih di sini. Pantai ini juga punya pesona bawah bahari yang menakjubkan, lho. Jika Anda mendambakan suasana pantai yang lebih sepi, datanglah ke pantai di sisi barat lantaran suasana di sini tak seramai pantai Gili Trawangan di sisi timur yang ramai oleh kegiatan warga setempat.

30. Pantai Losari
Pantai Losari
Anda tentu sudah tidak aneh lagi dengan Pantai Losari, bukan? Meskipun belum pernah menginjakkan kaki di sana, umumnya orang Indonesia tahu persis di mana pantai ini berada. Ya, di Makassar, Sulawesi Selatan. Pantai ini merupakan tempat wisata yang menjadi primadona warga sekitar dan siapa pun yang berkunjung ke Makassar. Di sini, Anda sanggup duduk santai di pinggir pantai menikmati angin sepoi-sepoi ditemani kuliner ringan khas yakni pisang epe. 

Suasana pantai akan semakin ramai menjelang sore lantaran Losari yakni tempat favorit banyak orang untuk melihat matahari terbenam. Meskipun pantai, objek wisata ini tidak mempunyai pasir jadi jangan harap Anda sanggup membangun istana pasir di sini. Selain itu, Anda juga tidak diperkenankan berenang di sini lantaran pantai ini cukup dalam.

31. Wakatobi  Sulawesi Tenggara
Wakatobi
Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara dengan panorama alam yang begitu memukau. Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari nama-nama pulau besar yang ada di sana: Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Selain mempunyai bentang alam dengan pantai biru berpasir putihnya yang menawan, Wakatobi juga terkenal sebagai tempatnya para arif besi berasal. Konon, bendo dan pisau yang dibentuk oleh penduduk Wakatobi lebih tajam, kuat, dan antikarat. 

Oleh lantaran itu, tempat wisata ini juga mendapat julukan Kepulauan Tukang Besi. Nah, salah satu objek wisata favorit di sini yakni Pulau Hoga. Pulau ini mempunyai pemandangan yang sangat cantik, asri, dan sejuk lantaran di bibir pantai banyak terdapat pohon kelapa dan pinusnya. Selain itu, di sini juga banyak terdapat cottage dengan desain khas rumah budbahasa Buton. Buat Anda yang ingin berbulan madu, Pulau Wakatobi yakni pilihan yang pas.
  
32. Kepulauan Togean
Kepulauan Togean
Mungkin masih banyak yang belum mengenal tempat wisata menarik di Sulawesi Tengah yang satu ini—Taman Nasional Kepulauan Togean. Padahal, kepulauan ini merupakan tempat yang terkenal kaya akan terumbu karang serta biota bahari yang langka dan dilindungi. Oleh lantaran itulah, tempat pantai di kepulauan ini sangat cocok jikalau dijadikan titik menyelam atau sekadar snorkeling, terutama di Pulau Kadadiri. 

Cukupkah keindahan alam Togean hanya hingga di situ? Ternyata tidak. selain lautnya biru dan berpasir putih, pulau ini juga diselimuti oleh vegetasi tanaman yang subur dan rimbun, serta dihiasi oleh bukit-bukit karang yang cantik. Kecantikan-kecantikan itulah yang menciptakan banyak wisatawan rela jauh-jauh ke Sulawesi Tengah demi sanggup mencicipi sedikit potongan nirwana di tanah Sulawesi.

33. Halmahera Maluku Utara
Halmahera
Selain Taman Laut Bunaken, ada satu spot anggun untuk melihat keindahan biota bahari dan terumbu karang di Indonesia, yakni di Kepulauan Halmahera. Keindahan alamnya yang masih terus terjaga hingga kini menciptakan Halmahera disebut sebagai lokasi penyelaman paling bagus yang pernah ada. Yang luar biasa, dari sekitar 450 spesies terumbu karang yang ada, 56%-nya terdapat di Halmahera. Menarik sekali, bukan? Tak heran kalau tempat wisata yang satu ini selalu menjadi jujugan bagi siapa saja yang hobi menghabiskan waktu menekuri keindahan alam bawah laut. Salah satu pulau anggun yang ada di Halmahera yakni Pulau Bobale. 

Pulau kecil ini dikelilingi hamparan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru jernih. Meskipun ukurannya kecil, pulau yang sudah resmi dikelola oleh Dinas Pariwisata Halmahera ini masih menjadi lokasi favorit bagi banyak wisatawan untuk menyelam, snorkeling, atau sekadar menghabiskan waktu bermain pasir di bibir pantai. Khusus buat Anda yang ingin mencicipi sensasi menyelam di Halmahera, datanglah pada bulan Oktober hingga Mei. Sedangkan para peselancar disarankan tiba kemari pada bulan November dan Desember, ketika gelombang bahari sedang berada pada titik tertingginya.

34. Danau Sentani
Danau Sentani
Selain Raja Ampat, Papua juga mempunyai pesona alam lain yang tak kalah anggun yakni Danau Sentani. Satu hal yang menjadi tempat wisata ini begitu menarik yakni keberadaan 22 pulau yang terdapat di sekitar danau. Meskipun sudah disahkan menjadi objek wisata, pemandangan alam di sekitar danau masih terjaga dengan baik. Hal inilah yang semakin meningkatkan minat wisatawan untuk menjejakkan kaki di danau seluas 9.360 hektar ini. Karena hutan mangrove dan kekayaan biota lautnya yang tak terbantahkan, Danau Sentani selalu jadi tempat menyelam favorit para pelancong. 

Jika tertarik, datanglah pada bulan Juni, lantaran setiap Juni di sini rutin diselenggarakan Festival Danau Sentani, tempat Anda sanggup menyaksikan Tarian Perang khas masyarakat Papua. Nah, itu ia 40 tempat wisata dengan pemandangan memesona yang ada di negeri kita tercinta, Indonesia. Kalau negeri ini saja punya segudang tempat menarik yang belum semuanya dijelajahi, untuk apa menghambur-hamburkan uang dengan melancong ke negara lain? Ayo, jelajahi Indonesia yang eksotis!

35. Pantai Ora Maluku
Pantai Ora Maluku
Bagi pasangan pengantin gres yang masih galau memilih lokasi bulan madu yang pas, cobalah tiba ke Pantai Ora di Maluku. Pantai ini mempunyai pemandangan yang begitu eksotis. Jernihnya air bahari dan pasir putih dengan latar belakang tebung kapur yang kokoh dan megah, serta lokasi pantai yang tertutup pepohonan tropis yang rimbun akan menciptakan suasana bulan madu semakin romantis. 

Tidak hanya cantik, tempat wisata ini juga sangat damai lantaran letaknya cukup terpencil dan jauh dari sentra kota. Bagi Anda yang berencana ingin menghabiskan waktu liburan di Pantai Ora, bawalah uang tunai dalam jumlah cukup lantaran di sekitar lokasi tidak ada ATM. Selain itu, di sini juga hanya terdapat satu restoran, oleh lantaran itu wisatawan disarankan untuk membawa bekal kuliner atau kuliner ringan sendiri.


Demikian mengenai 35 Tempat Wisata di Indonesia yang Romantis Dikunjungi nah supaya ini sanggup bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda sanggup berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar