Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Senin, 15 Januari 2018

Info Lengkap Museum Kereta Api Ambarawa, Daerah Keren Untuk Melihat Lokomotif Tua

Bagi sebagian traveler, wisata sejarah merupakan salah satu jenis wisata yang cukup menyenangkan, alasannya selain berlibur kita juga mendapat banyak pengetahuan mengenai sejarah zaman dahulu.

 wisata sejarah merupakan salah satu jenis wisata yang cukup menyenangkan Info Lengkap Museum Kereta Api Ambarawa, Tempat Keren Untuk Melihat Lokomotif Tua
fotogenik banget tempatnya. foto : @sukadolan

Nah, di Kabupaten Semarang, tepatnya di Ambarawa terdapat sebuah Museum yang sudah sangat populer, yaitu Museum Kereta Api Ambarawa, Museum ini merupakan salah satu Museum Kereta Api di Jawa Tengah yang menjadi tempat tujuan wisata favorit bagi para pelajar dan mahasiswa.




Apa yang Menarik di Museum Kereta Api Ambarawa ?

Awalnya Museum Kereta Api Ambarawa merupakan sebuah stasiun kereta zaman dahulu, namun alasannya sebagian jalurnya sudah tidak beroperasi lagi, jadi tempat tersebut dialih fungsikan menjadi Museum.

 wisata sejarah merupakan salah satu jenis wisata yang cukup menyenangkan Info Lengkap Museum Kereta Api Ambarawa, Tempat Keren Untuk Melihat Lokomotif Tua
lokomotif nomor D 5106 di museum kereta api ambarawa. foto : @kyuhyunbae8896

Di daerah Museum Kereta Api Ambarawa kita sanggup menemukan banyak koleksi lokomotif uap yang pernah berjaya di zamannya.

Beberapa lokomotif yang cukup terkenal ialah lokomotif bernomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabrik Esslingen, serta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG.

Kereta api uap tersebut cukup unik alasannya termasuk 1 dalam 3 kereta api uap bergerigi yang tersisa di dunia, dua diantarnya berada di Swiss dan India.

Tak hanya itu saja, di Museum Kereta Api Ambarawa masih terdapat aneka macam macam jenis lokomotif uap lainnya.

Mulai dari seri B, C, D hingga jenis yang paling besar, yaitu CC (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik/Swiss Locomotive and Machine Works) yang terpajang di halaman Museum.

Dengan banyaknya koleksi lokomotif bau tanah di Museum Kereta Api Ambarawa, menyebabkan tempat wisata Semarang satu ini banyak diminati oleh para pelajar dan wisatawan umum yang ingin mengetahui lebih jauh perihal sejarah kereta api uap.

Terlepas dari itu, Museum Kereta Api Ambarawa juga sanggup menjadi lokasi keren untuk hunting foto lho.

Selain koleksi lokomotif, di Museum Kereta Api Ambarawa kita juga sanggup menemukan barang-barang lain yang bekerjasama dengan aktivitas di stasiun, menyerupai mesin pencetak tiket, kalkulator zaman dahulu hingga roda kereta.


Puas melihat-lihat koleksi di Museum Kereta Api Ambarawa, sekarang saatnya kau mencoba aktivitas lain yang lebih seru, yaitu Ambarawa Railway Mountain Tour, atau berpetualang dengan naik kereta api uap.

Kaprikornus selain berkeliling di dalam Museum kita juga sanggup berjalan-jalan memakai kereta api uap dengan jalur Ambarawa – Bedono pp (pulang pergi) dan Ambarawa – Tuntang pp.


Atau kita juga sanggup naik kereta lori dengan jalur Ambarawa – Tuntang pp, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat elok dengan kurang jelas Gunung Merbabu, Telomoyo dan Ungaran yang terlihat gagah berdiri dan hijaunya persawahan masyarakat sekitar.

Uniknya lagi, dalam perjalanan ini kita akan memakai jalur kereta api bergerigi yang hanya sanggup ditemukan disini saja. perbedaan rel bergerigi dengan rel biasa ialah pada tengahnya, yaitu terdapat jalur khusus bergerigi yang memang diperuntukkan bagi Kereta Api zaman dahulu.

Tour kereta api milik Museum Kereta Api Ambarawa ini mempunyai jarak sekitar 35 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk jalur Ambarawa – Bedono, sedangkan untuk jalur Ambarawa – Tuntang hanya mempunyai jarak kurang lebih 7 km saja.

 wisata sejarah merupakan salah satu jenis wisata yang cukup menyenangkan Info Lengkap Museum Kereta Api Ambarawa, Tempat Keren Untuk Melihat Lokomotif Tua
tour kereta bau tanah ambarawa-tuntang. foto : @johanjacob_oki

Ambarawa Railway Mountain Tour ini sangat disukai oleh wisatawan mancanegara, para bule tersebut sangat tertarik untuk mencicipi sensasi naik kereta api zaman dahulu walaupun harus menunggu selama kurang lebih 3 jam untuk memanasi mesin keretanya, dan uniknya lagi materi bakar kereta api bergerigi di Museum Kereta Api Ambarawa ini ialah kayu jati lho.

Nah, tips biar kau tidak perlu menunggu selama 3 jam, kau sanggup memesan (booking) beberapa hari sebelum kau memutuskan untuk mengikuti tour kereta api uap ini, dengan cara mengontak nomor dibawah.

Puas berkeliling di Museum, sebelum pulang sempatkanlah mampir di toko-toko sekitar Museum, disitu kita sanggup membeli buah tangan khas Museum Kereta Api Ambarawa menyerupai miniatur kereta dan apapun yang bekerjasama dengan kereta api.

 wisata sejarah merupakan salah satu jenis wisata yang cukup menyenangkan Info Lengkap Museum Kereta Api Ambarawa, Tempat Keren Untuk Melihat Lokomotif Tua
lorong di museum kereta api. foto : @jepratjepret_by_kerigit



Sejarah Museum Kereta Api Ambara

Pada zaman penjajahan kolonial Belanda, Ambarawa merupakan kota yang dijadikan pangkalan militer bagi Pemerintah Belanda.

Lalu atas perintah dari Raja Willem I, pada tahun 1873 dibangunlah sebuah stasiun kereta api di Ambarawa biar Pemerintah Belanda lebih gampang mengangkut tentara dan persenjataan dari Ambarawa ke Semarang dan sebaliknya.

Jadi, kapan kau berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa ?

baca juga :
daftar tempat wisata romantis di Semarang






Fasilitas :
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Toko Souvenir
  • Pusat Informasi
  • Beragam Jenis Lokomotif Tua


Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa :
(Dewasa) Rp. 10.000/orang

(Anak-Anak) Rp. 5.000/orang

Tiket Kereta Lori :
Rp. 15.000/orang

Tiket Kereta Api Tour Ambarawa-Tuntang :
Rp. 50.000/orang

Jadwal Keberangkatan Kereta Api Tour Ambarawa-Tuntang :
10:00 WIB | 12:00 WIB | 14:00 WIB
(jadwal kereta hanya ada di selesai pekan dan hari libur besar saja)


Kontak :
0298 591035

Jam Buka :
Setiap Hari Jam 08:00-17:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, kau sanggup mencari di daerah Bandungan, disitu terdapat banyak hotel dengan harga yang cukup terjangkau.



Lokasi :

  • Alamat ; Jalan Stasiun No.1, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • 41 Km dari sentra Kota Semarang melalui Jl. Tembalang-Ungaran dan Ungaran-Bawen (53 menit)
  • 47 Km dari Bandara Ahmad Yani melalui Jl. Semarang-Surakarta (1 jam)
  • (perkiraan waktu tempuh jikalau tidak ada kendala)




Rute Menuju Museum Kereta Api Ambarawa 

#Dari Semarang
Akses menuju Museum Kereta Api Ambarawa sangatlah mudah, dari sentra Kota Semarang kau tinggal menuju kearah Ungaran hingga hingga di pertigaan Bawen, dari pertigaan silahkan belok kekanan (arah Ambarawa) menuju Tugu Palagan Ambarawa, lokasi Museum Kereta Api Ambarawa tak jauh dari Tugu Palagan Ambarawa.

#Dari Jogja
Jika kau dari Jogja, kau tinggal menuju kearah Semarang saja hingga hingga di Tugu (Monumen) Palagan Ambarawa, lokasi Museum hanya berjarak beberapa menit dari Tugu dan sudah terdapat petunjuk jalan.

#Dari Solo, Boyolali, Salatiga dan Magelang
Sedangkan apabila kau dari Solo kau sanggup melewati jalur Salatiga-Tuntang, sesudah melewati jembatan Tuntang silahkan belok kiri menuju Ambarawa hingga kau menemukan Tugu Palagan dan ikuti rute menyerupai diatas.

#Dari Purwodadi Grobogan
Apabila kau berdomisili di Purwodadi dan sekitarnya, kau sanggup mengikuti rute Purwodadi-Gubug-Kedung Jati-Tuntang. Tepat di Polsek Tuntang (Pertigaan jalan besar) silahkan belok ke kanan menuju arah Bawen, sesudah kau hingga di pertigaan Bawen silahkan belok kiri menuju Ambarawa dan ikuti petunjuk menyerupai diatas.






Tips Berlibur ke Museum Kereta Api Ambarawa :

  • Sangat cocok untuk hunting foto dan sarana edukasi anak sambil berwisata.
  • Bisa diakses memakai kendaraan eksklusif maupun transportasi umum, namun lebih disarankan untuk memakai kendaraan pribadi.
  • Jangan merusak properti Museum dan membuang sampah sembarangan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa ialah di hari biasa (senin-jumat).
  • Tiket kereta api bau tanah hanya ada di selesai pekan dan hari libur besar saja.
  • Jika kau berniat ingin naik kereta tua, datanglah lebih awal biar tidak kehabisan tiket.




Lihat peta cara menuju ke museum kereta api ambarawa




Wisata Terdekat Dari Museum Kereta Api Ambarawa (-1 Jam):

Eling Bening (12 menit)
Sebuah tempat wisata dengan konsep yang cukup unik, Eling Bening mengatakan pemandangan luasnya Rawa Pening dengan background Gunung Merbabu, di objek wisata ini juga terdapat banyak spot keren untuk berfoto.

Rawa Pening (10 menit)
Danau paling terkenal di Kabupaten Semarang, di Rawa Pening kita sanggup berkeliling danau memakai perahu, selain itu kita juga sanggup melihat masyarakat sekitar yang sedang mencari enceng gondok.

Cimory Semarang (17 menit)
Cimory Semarang merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang sangat direkomendasikan di Semarang alasannya Cimory Semarang mengusung konsep Restoran, Shop, Factory dan Playground yang akan menambah wawasan anak-anak.

Goa Rong (26 menit)
Sebuah tempat wisata yang mempunyai pemandangan hampir sama dengan Eling Bening, kelebihan Goa Rong daripada Eling Bening ialah terdapatnya goa di daerah wisata ini yang sanggup kita kunjungi.

Wisata Lereng Kelir (20 menit)
Wisata Lereng Kelir merupakan sebuah gardu pandang yang terletak di lereng Gunung Kelir, wisata ini mengatakan pemandangan alam yang tak kalah indah dengan wisata sejenisnya di Ambarawa dan sekitarnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar