Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Senin, 01 Januari 2018

Peraturan Tak Tertulis Yang Harus Ditaati Semua Pendaki Gunung

Mendaki gunung memang kini sudah menjadi salah satu gaya hidup kalangan anak muda, tak heran kalau kini gunung-gunung di Indonesia sangat ramai oleh pendaki, terutama gunung dengan pemandangan indah menyerupai Merbabu, Rinjani dan Prau, tak terlepas juga gunung dengan jalur berat menyerupai Raung.

 Mendaki gunung memang kini sudah menjadi salah satu gaya hidup kalangan anak muda Peraturan Tak Tertulis yang Harus Ditaati Semua Pendaki Gunung
oro oro ombo gunung semeru. foto : @pendakiindonesia

Tapi sayang, lantaran saking banyaknya orang yang ingin mendaki gunung, mereka terkadang lupa akan peraturan-peraturan yang berlaku dikala mendaki gunung.

Nah, bagi kau yang lupa, dibawah ini yaitu peraturan-peraturan tak tertulis yang seharusnya ditaati oleh setiap pendaki tanpa terkecuali.



Membawa Turun Sampah

Peraturan pertama dan paling penting yaitu membawa turun kembali sampah kita, ribuan pendaki setiap bulannya memadati gunung-gunung di Indonesia, bayangkan kalau satu saja pendaki meninggalkan sampah bawaanya di gunung.

Setiap bulannya akan ada jutaan sampah yang terbengkalai di gunung, kalau nantinya gunung penuh dengan sampah, tentunya kita juga yang akan rugi lantaran tidak dapat melihat keindahan dari gunung tersebut lagi.

Untuk itu, kita sebagai pendaki gunung harusnya menaati hukum ini, terutama bagi para pendaki pemula yang gres mengenal dunia pendakian, selalu membawa plastik sampah dikala mendaki biar nantinya tak perlu repot dalam membuang sampah, cukup masukkan ke plastik sampah kemudian kita bawa turun dan buang di daerah sampah.





Etika Buang Air Besar

Bagi yang rutin membuang air besar setiap harinya, tentu akan sedikit repot dikala mendaki lantaran harus BAB setiap pagi, nah, tips dan peratuan tak tertulis untuk BAB di alam bebas yaitu dengan mencari spot/lokasi tak terlihat (biasanya dibalik semak-semak) dan jauh dari jalur pendakian.

Sebelum memulai BAB, terlebih dahulu kita harus menggali lubang, jadi jangan asal jongkok dan BAB begitu saja, kau dapat mengikuti gaya kucing dikala BAB, yaitu menggali lubang-BAB-tutup lubang, nah untuk membersihkannya kau dapat memakai air, tisu, kerikil atau daun.

baca juga :
daftar gunung terindah di pulau Jawa



Jangan Memetik Bunga Edelweis

Inilah peraturan yang sering dilanggar oleh para pendaki, terutama pendaki pemula, bunga Edelweis atau biasa dikenal juga dengan sebutan Bunga Abadi merupakan bunga indah dan hanya tumbuh didataran tinggi lebih dari 2000Mdpl.

Bunga Edelweis sangat memikat hati para pendaki lantaran keindahannya dan juga dapat tahan bertahun tahun walaupun sudah dipetik dan tanpa diletakkan di air sekalipun, namun ternyata Bunga Edelweis merupakan salah satu bunga yang dilindungi, jadi kau jangan pernah memetiknya ya.




Selalu Gunakan Peralatan Safety

Saking populernya pendakian gunung, sering kita temui pendaki yang mendaki gunung hanya dengan peralatan dan pakaian seadanya, bahkan tak jarang pula ada yang hanya memakai sandal jepit.

Padahal, untuk beraktivitas di alam tentunya kita perlu menjaga diri alasannya yaitu tidak ada yang mustahil di alam.

Misal dengan memakai sepatu/sandal gunung, jaket dan celana cepat kering, membawa peralatan P3K, kecerobohan para pendaki inilah yang terkadang menjadi malapetaka bagi dirinya sendiri, jadi keep safety ya guys.




Vandalisme

Vandalisme atau mencoret-coret setiap benda yang ditemui merupakan sebuah kegiatan norak, vandalisme merupakan sikap yang sangat sering kita temui di setiap gunung.

Biasanya para pendaki norak tersebut mencoret-coret papan petunjuk, kerikil sampai pohon dengan apapun yang dapat dipakai untuk mencoret-coret mulai dari pensil, spidol sampai tipex.

Padahal kegiatan tersebut tidak keren sama sekali, malah akan menciptakan mereka terlihat menyerupai anak kecil yang gres mencar ilmu menulis, anak kecil akan kegirangan dikala melihat sebuah benda higienis dan pribadi ingin mencoret-coretnya, bukankah begitu?

baca juga :
daftar gunung ramah pendaki untuk pendaki pemula



Nah, itulah beberapa peratuan tak tertulis yang seharusnya diataati oleh para pendaki gunung, kalau kau mempunyai info mengenai peraturan tak tertulis lainnya, yuk share di kolom komentar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar