Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Senin, 15 Januari 2018

10 Taman Maritim Terindah Di Indonesia

10 Taman Laut Terindah Di Indonesia  


ReyGina Wisata |  Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia dikelilingi oleh sekotar 17.500 pulau besar dan kecil yang tersebar luas dari Sabang sampai Merauke. Wilayah perairan Indonesia terkenal sebagai Surga Bawah Laut dengan taman laut dan pemandangan bawah laut terindah di dunia sehingga banyak penyelam-penyelam dari seluruh penjuru dunia tiba ke Indonesia untuk menikmati beberapa Taman Laut Terindah Di Indonesia menyerupai Taman Laut Raja Ampat di Papua Barat, Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara atau Taman Laut Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Berikut 10 Taman Laut Terindah Di Indonesia dengan pemandangan bawah laut yang sangat indah dan menakjubkan harapan bagi banyak penyelam di dunia.

1. Taman Laut Kepulauan Raja Ampat

 Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia 10 TAMAN LAUT TERINDAH DI INDONESIA

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat deretan pulau yang berdekatan dan berlokasi di bab barat pulau Papua atau tepatnya berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Indonesia. Taman Laut Kepulauan Raja Ampat merupakan tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Perairan Raja Ampat berdasarkan beberapa sumber merupakan salah satu dari 10 Taman Laut Terindah Di Dunia. Taman Laut Raja Ampat mempunyai tanaman dan fauna bawah laut paling lengkap di dunia. Kawasan ini juga merupakan tempat karang terbaik di Indonesia dengan540 jenis karang keras, lebih dari 1000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, 

Spesies unik yang sanggup kita jumpai di Taman Laut Kepulauan Raja Ampat antara lain Kuda Laut Katai, Wobbegong dan Ikan Pari Manta serta beberap ikan endemik Raja Ampat menyerupai Eviota Raja.

2. Taman Laut Bunaken.

 Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia 10 TAMAN LAUT TERINDAH DI INDONESIA

Taman Laut Bunaken ialah salah satu Taman Laut Terindah Di Indonesia dalam daftar kami. Taman ini terletak di Provinsi Utara, Indonesia. Taman yang terletak di segitiga terumbu karang menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang serta banyak sekali spesies moluska, reptil dan mamalia laut lainnya.

Taman Laut Bunaken mempunyai ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Terdapat sekitar 390 terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang sanggup ditemukan di wilayah ini antara lain Caulerpa, Halimeda dan Padina. Sementara spesies rumput laut yang banyak ditemukan ialah Thalassia Hemprichii, Enhallus Acoroides dan Thalassaodendron Ciliatum. 

3. Taman Laut Wakatobi

 Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia 10 TAMAN LAUT TERINDAH DI INDONESIA

Taman Laut Wakatobi merupakan salah satu Taman Laut Terindah Di Indonesia yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Taman laut seluas 1.39 juta hektar ini mempunyai keanekaragaman hayati laut. Di taman ini juga mempunyai panorama keindahan bawah laut dengan mempunyai 25 buah deretan terumbu karang. 

Gugusan terumbu karang di Taman Laut Wakatobi sanggup dijumpai sekitar 112 jenis dan 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 kilometer dari garis pantai.

Disamping keindahan bawah laut yang disajikan oleh terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni oleh 93 jenis ikan konsumsi, perdagangan dan juga ikan hias.

Bagi Anda yang menyayangi keindahan bawah laut, Di Taman Laut Wakatobi, Anda sanggup melaksanakan kegiatan menyelam, snorkeling, berenang untuk melihat deretan terumbu karang yang indah dan banyak sekali binatang bawah laut serta menyaksikan banyak sekali kebudayaan masyarakat setempat. 

Wakatobi memang destinasi menyelam bagi diver dunia, bagi anda sedang planning ke sini dan mencari tempat menginap di wkatobi langsung klik HOTEL DI WAKATOBI

4. Taman Laut Kepulauan Derawan.

 Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia 10 TAMAN LAUT TERINDAH DI INDONESIA

Taman Laut Kepulauan Derawan ialah salah satu Taman Laut Terindah Di Indonesia yang paling disukai oleh para penyelam kelas dunia.  Taman yang terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia ini menyajikan beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan mangrove.

Selain itu di Taman Laut Kepulauan Derawan terdapat spesies yang dilindungi yang keberadaannya terancam punah menyerupai Penyu Hijau, Penyu Sisik, Paus, Lumba-Lumba, Kima, Ketam KelapaDuyung, Ikan Barakuda dan beberapa spesies yang dilindungi lainnya 

5. Taman Laut Karimunjawa

 Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia 10 TAMAN LAUT TERINDAH DI INDONESIA

Taman Laut Karimunjawa merupakan salah satu Taman Laut Terindah Di Indonesia lainnya yang terletak di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai serta hampir 400 spesies fauna laut dengan 242 jenis ikan hias berada di taman ini.

Di Taman Laut Karimunjawa setidaknya terdapat 242 jenis ikan hias dan 133 genera fauna akuatik. Tempat ini terkenal alasannya ialah keindahan pantainya yang berpasir putih higienis dan sangat luas dengan keindahan bawah lautnya yang tersebar di 27 pulau kecil serta pengalaman seru berenang bersama Ikan Hiu. Beberapa fauna langka juga berada di Taman Laut Karimunjawa menyerupai Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik dan juga Penyu Hijau. 

Baca Juga : Menikmati Keindahan Pulau Um Yang Unik

6. Taman Laut Alor

 Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia 10 TAMAN LAUT TERINDAH DI INDONESIA

Keindahan keanekaragaman Taman Laut Alor tak terbantahkan lagi, Wilayah yang berbatasan eksklusif dengan Timor Leste merupakan titik penyelaman (spot diving) Terpopuler Di Indonesia tahun 2016 dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Taman laut yang terletak di Selat Pantar, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur disebut-sebut sebagai Taman Laut Terindah Di Dunia sesudah Karibia. Karena rata-rata spot diving yang ada di Taman Laut Alor telah menjadi spot paling favorit dan paling terkenal di dunia. 

Dunia bawah laut Alor setidaknya mempunyai 50 spot diving yang tersebar di sejumlah pulau termasuk yang berada di Selat Pantar. Air yang sangat jernih dan keanekaragaman kehidupan biota laut menjadi alternatif gres selain Taman Laut Kepulauan Raja Ampat.

Menurut para penyelam yang pernah mencicipi keindahan Taman Laut Alor mengungkapkan bahwa disini banyak tebing dan jurang yang tersusun rapi, Salah satu fotografer bawah laut, Magnus Mattsson telah mengkindetifikasikan secara niscaya ada lebih dari 50 ekor sunfish di perairan Alor.

7. Taman Laut Pulau Komodo


 Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia 10 TAMAN LAUT TERINDAH DI INDONESIA

Taman Laut Komodo berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan sebagai jantung segitiga terumbu karang dengan keanekaragaman hayati laut paling kaya di dunia. Karena itu wilayah perairan di sekitar Pulau Komodo dan Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur terpilih sebagai wilayah penyelaman terbaik di dunia mendampingi Taman Laut Kepulauan Raja Ampat.

Di Pink Beach Anda sanggup menikmati keindahan bawah laut dengan melaksanakan diving dan snorkeling untuk melihat secara eksklusif begitu indah dan menggagumkan kekayaan lam Indonesia. Di Taman Laut Pulau Komodo terdapat lebih dari 1000 jenis ikan, 385 terumbu karang, 105 jenis kepiting, 70 jenis spone, 10 jenis ikan lumba-lumba, 6 Hiu, Penyu Hijau, Hawksbill, Duyung, serta Pari Manta.

8. Taman Laut Takabonerate

 Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia 10 TAMAN LAUT TERINDAH DI INDONESIA

Taman Laut Takabonerate ialah taman laut yang mempunyai tempat atol terbesar ketiga di dunia sesudah Kwajifein di Kepulauan Marshall  dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Dengan total luas atol 220.000 hektar ini terletak Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. 

Di tempat ini setidaknya terdapat lima pulau indah yang sangat elok untuk kegiatan penyelaman, snorkeling dan wisata maritim lainnya. Topografi tempat ini sangat unik dimana atol yang terdiri dari deretan pulau - pulau gosong karang dan rataan terumbu karang yang luas dan karam membentuk pulau-pulau yang cukup banyak. 

Di Taman Laut Takabonerate setidaknya terdapat 295 jenis ikan karang dan banyak sekali jenis ikan konsumsi yang bernilai hemat tinggi serta 244 jenis moluska, 261 jenis terumbu karang dari 17 famili yang sebagian besar telah membentuk terumbu karang atol (barrier reef)  dan terumbu karang tepi (fringing reef) yang semuanya sangat indah dan memesona untuk dinikmati.   

9. Taman Laut Kepulauan Togean

 Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia 10 TAMAN LAUT TERINDAH DI INDONESIA

Taman Laut Kepulauan Togean ialah salah satu Taman Laut Terindah Di Indonesia selanjutnya yang terletak di Teluk Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Taman laut ini dikenal kaya akan terumbu karang dan banyak sekali biota laut langka dan dilindungi. Beberapa kegiatan yang sanggup Anda lakukan di Taman Laut Kepulauan Togean ialah menyelam, snorkeling di Pulau Kadidiri, memancing dan menjelajahi alam hutan yang ada di Pulau Malenge, Mengunjungi Gunung Colo di Pulau Una-Una atau mengunjungi pemukiman orang Bajo di Kabalutan.

Taman Laut Kepulauan Togean merupakan salah satu bab ekosistem terumbu karang penting dari coral triangleyang mencakup wilayah Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang dan Australia. Terumbu karang di Taman Laut Kepulauan Togean juga kaya akan keanekaragaman hayati laut dengan 4 type terumbu karang.  

10. Taman Laut Banda 

 Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia 10 TAMAN LAUT TERINDAH DI INDONESIA

Taman Laut Terindah Di Indonesia lainnya yang ada di Indonesia ialah Taman Laut Banda yang terletak di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia.

Taman Laut Banda juga merupakan salah satu Taman Laut Terindah Di Dunia dengan 310 jenis karang pembentuk terumbu karang, 871 spesies ikan karang serta tempat populasi ikan Hiu dan ikan kerapu termasuk banyak sekali jenis ikan dan kerang purba yang disuakakan.

Karena keindahannya, Taman Laut Banda dipilih menjadi Kawasan Warisan Dunia untuk Surga Bawah Laut Indonesia. 

Sebenarnya masih banyak lagi Taman Laut Terindah Di Indonesia yang sanggup Anda nikmati keindahannya menyerupai Taman Laut Rubiah di Banda Aceh, Taman Laut Kepulauan Seribu di Jakarta, Taman Laut Tulamben di Pulau Bali, Taman Laut Selat Pantar di NTT, Taman Laut 17 Pulau Riung di NTT, Taman Laut Teluk Cendrawasih di Papua Barat dan lain sebagainya yang tak kalah indahnya dengan daftar Taman Laut Terindah Di Indonesia diatas.


Sumber https://www.reyginawisataindonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar