Blog ini Berisikan info wisata, tempat nongkrong, kuliner jaman now di seluruh Indonesia

Jumat, 16 Februari 2018

Cara Menanam Cabai Merah Besar

Cara Menanam Cabe Merah Besar - Sehubungan dengan profesi saya maka pada siang ini saya akan menulis ihwal tata cara menanam cabai merah besar. Di kampung saya menanam cabai yakni suatu hal yang sanggup dikatakan memakan biaya yang tidak mengecewakan mahal. Saya sendiri juga belum sempat hitung - hitungan pastinya soalnya waktu nanam dulu tanpa perhitungan sama sekali. Baru tamat - tamat ini saya mulai menciptakan hitungan terang secara lengkapnya, nanti bila sudah panen saya akan buatkan kisaran biaya yang sebenarnya. Pujon merupakan kawasan dataran tinggi yang dikelilingi pegunungan, sejauh mata memandang bangkit tegap gunung - gunung disana. Perekonomian didaerah ini yang cuckup besar yakni dari sektor pertanian dan peternakan. Dari sektor pertaniam pujon menghasilkan beberapa macam komoditi sayuran diantaranya : Cabe besar, cabai rawit, tomat, kubis, sawi putih, tomat, kentang, jagung manis, andewi, dan banyak lagi jenis sayuran lainnya. Nah dikesempatan ini saya akan menulis teknik menanam cabai merah besar. Berikut ini langkah - langkah dalam menanam cabai merah :

 Cara Menanam Cabe Merah Besar


Penyediaan Bibit
Tahap awal yang harus dilakukan yakni penyemaian bibit, hal ini sangat penting dilakukan agar bibit yang akan kita tanam ukurannya sesuai dan kondisinya baik. Untuk menghasilkan bibit cabai yang baik dikala penyemaian, yang harus dilakukan yakni menyiapkan racikan tempat penyemaian yang tepat. Silahkan sediakan beberapa hal berikut ini :
  1. Tanah secukupnya
  2. Pupuk sangkar ( Kotoran sapi atau ayam )
  3. Kotak penyemaian ukuran 60 cm x 40 cm tinggi 10 cm
Aduk antara tanah dan pupuk sangkar secara merata dengan perbandingan 70 : 30, sehabis tercampur rata masukan kedalam kotak yang telah disediakan dengan ketinggian rata dengan kotak. Setelah itu buat lubang sedalam 0,5 cm dengan jarak rata 2 cm. Taruh bibit diatasnya satu per satu kemudian tutup pakai ayakan tanah halus dan kering dengan ketebalan 0,2 cm. Lakukan penyiraman pagi dan sore hari dan dan diwajibkan untuk selalu kena sinar matahari langsung.

Pengolahan Tanah
Pada tahap kedua sambil menunggu bibit yang kita semai tumbuh dewasa, yang harus segera kita siapkan yaitu media tanam. Dalam hal ini yakni pengolahan tanah, pengolahan tanah yang baik dan benar berdasarkan saya sanggup anda ikuti langkahnya dibawah ini :
  1. Cangkul tanah sedalam sekitar 50 -70 cm secara rata.
  2. Buang gulma ke pinggir2 lahan yang tidak digunakan, kenapa tidak dipendam saja ? kan sanggup jadi kompos ? Memang benar gulma yang dipendam nantinya sanggup jadi kompos, namun berdasarkan petunujuk dari teman yang bekerja dibidang marketing obat pertanian hal tersebut kurang bagus. Hal ini didasari ketika masa fermentasi sedangkan akar tumbuhan terkena dampak dari fermentasi gulma sanggup mengakibatkan layu.
  3. Buat bedengan dengan lebar 100 cm - 120 cm
  4. Pemberian pupuk dasar yaitu pupuk sangkar ( sapi atau ayam ) dicampur delusit dan pupuk TS
  5. Taruh pupuk dasar diatas bedengan dan di tutup pakai tanah lagi sekitar 5 - 10 cm. 
  6. Jika pakai mulsa selesai penutupan pupuk sanggup pribadi di pasang
Penanaman Cabe
Ditahap ini yang perlu diperhatikan yakni masa penanaman yang tepat. Agar tumbuhan cabai yang gres dipindah tidak layu, maka waktu tanam yang sempurna yakni sore hari.

Pemupukan Awal
Pemupukan sanggup dilakukan pada dikala cabai usia 10 - 20 hari sehabis masa tanam. Untuk pemupukan pada masa pertumbuhan, sumbangan yang sempurna yakni pupuk cair atau yang dikenal masyarakat sini pupuk kocor. Namun dalam menawarkan pupuk kocor harus memperhatikan cuaca yang tepat, dalam hal ini kondisi cerah. Jika pemupukan kocor bersamaan hujan efek sampingnya akar tumbuhan akan jadi kedinginan dan sanggup mengakibatkan penyakit.

Penyemprotan Pestisida
Penyemprotan dilakukan dikala tumbuhan mulai hidup normal sehabis masa tanam. Biasanya di umur 7 - 10 hari sehabis masa tanam. Jangan terlalu banyak menawarkan insektisida pada dikala tumbuhan masih kecil, bila terlalu banyak efek sampingnya tumbuhan akan usang besarnya. Pemberian yang sempurna di usia pertumbuhan yakni fungisida dan vitamin.

Sekiranya cukup sekian dulu untuk bahasan saya terkait Cara Menanam Cabe Merah Besar, kedepan saya akan tambahkan warta lebih lengkap ihwal jenis2 pestisida yang cocok buat digunakan untuk tumbuhan cabai anda. Terus maju dan sukses para petani indonesia. Baca juga  Cara mengatasi anak susah makan dengan laperma platinum atau info paket wisata bromo malang 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar